Jokowi Bebaskan Kaesang Tentukan Sikap Soal Kans Maju Pilkada Depok

Nadya Zahira
14 Juni 2023, 11:42
Jokowi
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pengendara motor melintas di jalur pedestrian dengan latar belakang baliho dukungan Partai Solidaritas Indoensia (PSI) untuk Kaesang Pangarep maju menjadi wali kota Depok, Depok, Jawa Barat, Selasa (13/6).

Presiden Joko Widodo menyerahkan sepenuhnya keputusan untuk maju dalam pemilihan kepala daerah Depok, Jawa Barat pada 2024 mendatang kepada putranya Kaesang Pangarep. Kaesang saat ini masuk dalam bursa wali kota Depok yang diusung oleh Partai Solidaritas Indonesia. 

“Saya itu terbiasa kalau yang namanya anak sudah berkeluarga, saya punya anak sudah berkeluarga, itu tanggung jawabnya sudah ada di mereka,” kata Jokowi di Kantor BPKP, Jakarta, Rabu (14/6).

Ketika ditanya apakah Jokowi akan memberikan restu jika Kaesang maju di Pilkada Depok, Jokowi menjawab bahwa tugas sebagai orang tua adalah merestui dan mendoakan. Namun, keputusan untuk maju atau tidaknya merupakan keputusan penuh dari Kaesang. 

“Tugasnya orang tua itu merestui dan mendoakan,” kata dia.

Jokowi mengatakan akan memberikan saran jika diminta Kaesang. Namun jika tidak dimintai saran, dia mengaku akan menyerahkan sepenuhnya ke putra bungsunya itu.

Jokowi tidak menerangkan lebih lanjut apakah Kaesang harus maju Pemilihan Wali Kota Depok 2024 melalui PDI Perjuangan mengingat Jokowi merupakan kader partai berlambang banteng bermoncong putih itu. Sebelumnya Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Said Abdullah mengatakan terdapat aturan di internal PDIP bahwa seluruh keluarga kader bila ingin maju dalam pilkada harus menggunakan perahu PDIP. 

"Kalau keluarganya ada di PDI Perjuangan maka semua keluarga itu adalah wajib juga PDI Perjuangan. Wajib seperti itu, peraturannya," kata Said di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (12/6). 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...