Top Stories: Daftar Satelit Indonesia, Mengenal Redenominasi Rupiah

Aryo Widhy Wicaksono
20 Juni 2023, 10:09
Tangkapan layar peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA)
Biro Humas Kementerian Kominfo
Tangkapan layar peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA)

Satelit Republik Indonesia 1 atau SATRIA 1 berhasil memasuki orbitnya setelah meluncur pada Senin (19/6). Setelah mengangkasa, SATRIA 1 akan berada langit Papua pada November 2023 mendatang.

Satelit dengan bobot 4.600 kilogram ini, meluncur ke angkasa menggunakan roket Falcon 9 buatan SpaceX, perusahaan milik Elon Musk.

SATRIA-1 merupakan satelit internet pertama milik Pemerintah Indonesia dan disiapkan untuk menjangkau beragam fasilitas publik pada wilayah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T).

SATRIA-1 tak sendirian di luar sana, Indonesia juga memiliki beberapa satelit lain yang telah mengorbit sebelumnya.

Berita mengenai satelit SATRIA 1 menjadi artikel dengan minat pembaca yang tinggi atau top stories. Selain itu, simak juga artikel mengenai nasib Kresna Life di tangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan penjelasan mengenai redenominasi rupiah.

Berikut Top Stories Katadata.co.id pada Senin (19/6):

1. Satelit SATRIA-1 Meluncur, Ini Daftar Satelit Milik Indonesia 2023

Menurut data dari berbagai sumber, termasuk Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Indonesia memiliki dua jenis satelit.

Jenis pertama, Satelit Geostationary Orbit atau GSO, merupakan satelit yang umumnya untuk keperluan komersial dan mengitari bumi satu kali dalam 24 jam dengan ketinggian sekitar 36 ribu kilometer.

Kemudian kedua, satelit non-GSO, biasanya digunakan untuk penginderaan jarak jauh, seperti penelitian atau fungsi intelijen. Satelit non-GSO dioperasikan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Satelit merupakan alat untuk membantu meneruskan sinyal-sinyal komunikasi, baik telepon, data, maupun siaran televisi. Letak geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan dianggap sangat membutuhkan keberadaan satelit untuk menghubungkan sinyal komunikasi.

Di angkasa beberapa satelit lain, juga milik Indonesia, akan menemani SATRIA 1. Simak daftar satelit milik Indonesia yang berfungsi sampai saat ini.

2. Mengenal SATRIA-1, Satelit Internet RI yang Resmi Meluncur ke Angkasa

SATRIA-1 merupakan satelit internet pertama yang dimiliki Pemerintah Indonesia dan disiapkan untuk fasilitas-fasilitas publik di wilayah terdepan, tertinggal, terluar (3T).

Satelit seberat 4.600 kilogram ini diluncurkan menggunakan roket Falcon 9 dari SpaceX, perusahaan milik Elon Musk.

Berdasarkan studi terbaru BAKTI Kemenkominfo pada 2023, SATRIA-1 dengan kapasitas 150 Gbps. Satelit ini akan menghadirkan layanan internet di 50.000 titik fasilitas publik. Kecepatan internet di setiap titik layanan publik itu diproyeksikan mencapai 4 Mbps.

Kecepatan internet SATRIA-1 naik dari perhitungan awal di 2018 saat proyek SATRIA-1 dirintis yang mengusung kecepatan 1 Mbps untuk setiap titiknya.

Satelit berkapasitas 150 GBPS ini dibangun oleh PT Satelit Nusantara III yang dikerjakan oleh perusahaan antariksa Thales Alenia Space di Cannes, Prancis. Satelit ini menggunakan teknologi Very High-Throughput Satellite (VHTS) dan frekuensi Ka-Band.

Simak informasi lebih banyak mengenai bentuk dan kecanggihan SATRIA 1.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...