Wakapolri Pensiun Akhir Juni Ini, Komisi Hukum DPR Soroti Tiga Hal

Ade Rosman
21 Juni 2023, 14:14
DPR soal Suksesi Wakapolri
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono (kedua kiri) mengikuti rapat kerja bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat menyoroti tiga poin dalam penggantian Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono yang akan memasuki masa pensiun akhir Juni 2023 ini. Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Trimedya Panjaitan berharap Wakapolri baru pengganti Eddy dapat bersinergi dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Bisa membantu Kapolri untuk menuntaskan perilaku anggota Polri," kata Trimedya kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (21/6).

Ia mengatakan, persoalan reformasi  kultural di Polri masih jauh dari harapan. Padahal, tambah Trimedya, anggaran yang dikucurkan untuk Polri sudah luar biasa.

"Tugas pokoknya juga nanti mudah-mudahan ditugaskan khusus oleh Kapolri bagaimana menuntaskan reformasi kultural. Itu yang paling berat," kata Trimedya lagi. 

Poin kedua menurut Trimedia yang menjadi sorotan adalah agar Wakapolri diberi otoritas untuk mengawasi penanganan perkara di Mabes Polri, Polda, hingga Polres. Sedangkan untuk bidang lalu lintas, menurutnya lebih baik jika langsung oleh Kapolri.

Sebagai pembantu Kapolri, politikus PDIP ini menyebut Wakapolri bisa lebih banyak melakukan peninjauan ke daerah untuk melihat penegakan hukum oleh aparat penegak hukum. Dengan begitu Wakapolri bisa memberi rekomendasi yang tepat kepada Kapolri. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...