HUT Bhayangkara: 1.294 Polisi Dapat Promosi, DPR Ingatkan Netralitas

Ira Guslina Sufa
1 Juli 2023, 14:56
DPR Ingatkan netralitas Polri
ANTARA FOTO/Jessica Wuysang/aww.
Sejumlah personel Polres Kubu Raya berbaris membawa panji-panji saat mengikuti pagelaran dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-77 di Kantor Gubernur Kalimantan Barat di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (1/7/2023).

Sebanyak 1.294 personel Polri dari Polda Metro Jaya mendapatkan kenaikan pangkat pada Hari Ulang Tahun ke-77 Bhayangkara. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan kenaikan ke Komisaris Besar (Kombes) sebanyak satu orang karena pengabdian. 

Kenaikan pangkat juga diberikan kepada 22 orang personel menjadi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). Adapun rinciannya reguler sebanyak 4 orang dan pengabdian 18 orang.

"Naik ke Kompol (Komisaris Polisi) 28 orang, dengan rincian reguler 3 dan pengabdian 25 orang," ujar Trunojoyo seperti dikutip dari Antara, Sabtu (1/7). 

Lebih jauh Trunojoyo mengatakan terdapat sebanyak 52 orang naik ke Ajun Komisaris Polisi (AKP) dengan rincian 37 orang reguler dan 15 orang pengabdian. Lalu naik ke Inspektur Polisi Satu (Iptu) sebanyak 30 orang dengan rincian 27 reguler dan 3 pengabdian.

Ada juga kenaikan pangkat menjadi Inspektur Polisi Dua (Ipda) sebanyak 68 orang pengabdian dan Ajun Inspektur Polisi Satu (Aptu) sebanyak 215 orang. Selanjutnya naik ke Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) 49 orang reguler dan Brigadir Polisi Kepala (Bripka) 83 orang reguler.

"Kemudian naik ke Brigadir 195 orang reguler dan ke Brigadir Polisi Satu (Briptu) 550 orang reguler, terakhir, naik ke Bharaka (Bhayangkara Kepala) sebanyak satu orang reguler," ucap Trunojoyo.

Puncak Perayaan HUT Bhayangkara

Puncak perayaan HUT Bhayangkara ke-77 akan digelar sore ini pukul 15.00 WIB di Gelora Bung Karno. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memaksimalkan pengaturan arus lalu lintas   untuk mengantisipasi kepadatan di sekitar Gelora Bung Karno. 

"Tentunya bakal padat saat pengantaran (drop off) di GBK,  karenanya masyarakat yang ikut merayakan akan kita parkirkan di Monas, Jakarta Pusat, " kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (1/7). 

Selain di Monas, Latif menjelaskan juga telah menyiapkan kantong parkir bagi masyarakat di parkiran Aldiron Blok M, Jakarta Selatan. Kemudian bus yang datang dari arah timur GBK, akan diturunkan di Pintu 7. Sementara dari arah barat, akan diturunkan di Pintu 10.

 "Ada beberapa elemen masyarakat yang juga ikut merayakan HUT Bhayangkara dari elemen mahasiswa, buruh, suporter Persija, nanti armada bus akan kita parkirkan di Aldiron," ujar Latif Usman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...