Kejagung Periksa Menpora Dito Soal Kasus Korupsi BTS Kominfo Hari Ini

Ade Rosman
3 Juli 2023, 06:11
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo (tengah) mengikuti rapat kerja bersama Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/5/2023). Rapat tersebut membahas Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Pemuda dan Olahraga tahun 202
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo (tengah) mengikuti rapat kerja bersama Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/5/2023). Rapat tersebut membahas Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Pemuda dan Olahraga tahun 2024 serta rencana pergeseran alokasi anggaran Piala Dunia U-20.

Kejaksaan Agung akan memeriksa Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo sebagai saksi dalam perkara dugaan korupsi proyek Base Tranceiver Station atau BTS di Kementerian Komunikasi dan Informatika periode 2020 hingga 2022, pada Senin (3/7). Dito diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi BTS Kominfo tersebut.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana mengatakan, pemanggilan Dito diagendakan pukul 09.00 WIB. "Harapan kami bisa datang tepat waktu," kata Ketut dalam keterangannya, dikutip Senin (3/7).

Sebelumnya, Dito pun telah menyatakan kesiapannya diperiksa Kejagung sebagai saksi dalam perkara tersebut. Menurutnya, pemanggilan ini menjadi pengalaman berharga baginya sebagai politisi muda.

"Jadi harus siap menghadapi segala tantangan," kata Menpora di Istora, Jakarta, Minggu (2/7) dikutip dari Antara.

Berdasarkan Laporan Hasil Audit Penghitungan Kerugian Keuangan Negara Nomor: PE-03.03/SR/SP-319/D5/02/2023 tanggal 6 April 2023 oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan atau BPKP, jumlah kerugian negara akibat dugaan korupsi dalam proyek penyediaan infrastruktur BTS 4G mencapai lebih dari Rp 8 triliun.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...