Survei LSI: Kepercayaan Terhadap DPR dan Partai Politik Paling Rendah

Ade Rosman
12 Juli 2023, 14:33
Anggota DPR mengikuti Rapat Paripurna ke-28 Masa Persidangan 5 Tahun Sidang 2022-2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/7/2023).
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.
Anggota DPR mengikuti Rapat Paripurna ke-28 Masa Persidangan 5 Tahun Sidang 2022-2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Lembaga Survei Indonesia atau LSI menemukan tingkat kepercayaan masyarakat pada Dewan Perwakilan Rakyat dan partai politik lebih rendah dibandingkan lembaga lainnya. Berdasarkan survei LSI pada 1-8 Juli 2023, tingkat kepercayaan responden terhadap partai politik sebesar 51% dan kepercayaan terhadap DPR 54%.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan hanya sedikit peningkatan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap dua lembaga itu. Namun, peningkatannya tidak signifikan sehingga tak ada perubahan yang drastis.

"Walaupun peningkatannya tidak signifikan yaitu tingkat kepercayaan pada DPR dan parpol ada peningkatan 1 sampai 3 persen," kata Djayadi, dikutip Rabu (12/7).

Lembaga yang paling dipercaya responden yakni Tentara Nasional Indonesia atau TNI dengan tingkat kepercayaan 88%.

Angka tersebut di atas tingkat kepercayaan responden pada presiden di peringkat kedua sebesar 83%. Kemudian Kejaksaan Agung 69%, Kepolisian 65%, Komisi Pemberantasan Korupsi 64%, dan media massa 62%.

Djayadi mengatakan secara keseluruhan tak ada perubahan signifikan dalam temuan LSI selama lima bulan terakhir terkait temuan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga tersebut.

"Intinya tingkat kepercayaan kepada lembaga-lembaga politik cenderung stabil," katanya.

Populasi pada survei itu warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas dan memiliki telepon, sekitar 83% dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing atau pemilihan sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak yang dilakukan terhadap 1242 responden yang diwawancarai melalui telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Margin of error survei diperkirakan +/-2.8% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...