Erick Thohir dan Ridwan Kamil Berebut Posisi Teratas Survei Cawapres

Ade Rosman
11 Juli 2023, 19:58
Cawapres
ANTARA FOTO/MOCH ASIM
Salah satu anggota Tim Kampanye Daerah (TKD) pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma\'ruf Amin menunjuk tabel perolehan suara di posko TKD Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (18/4/2019).

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir memperoleh posisi teratas dalam survei elektabilitas calon wakil presiden yang digelar Lembaga Survei Indonesia atau LSI. Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam paparannya mengatakan pada temuan 24 nama semi terbuka, Erick memperoleh suara teratas dengan 14,3% suara. 

Menurut Djayadi posisi Erick dibayangi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang memperoleh 13,5% suara. Kandidat cawapres lain meraih elektabilitas di bawah 10% yaitu Mahfud MD 9,9%, Agus Harimurti Yudhoyono 8,9%, dan Gibran Rakabuming Raka 7,6%.

Beberapa nama yang muncul setelahnya memperoleh suara di bawah lima persen. Mereka adalah Khofifah Indar Parawansa 3,8%, Airlangga Hartarto 2,6%, Andika Perkasa 1,6%, Susi Pudjiastuti 1,3%, Tri Rismaharini 1,3%, Yenny Wahid 1,3%, Gatot Nurmantyo 1,2%, dan Muhaimin Iskandar 1,0%. Sedangkan beberapa nama lainnya hanya mendapat suara di bawah satu persen.

"Biasanya Erick tidak nomor 1, sekarang ET dalam survei LSI untuk pertama kalinya menduduki posisi pertama untuk pilihan calon wakil presiden versi masyarakat," kata Djayadi dalam paparan survei.

Kemudian, pada simulasi 12 nama, Erick kembali mendapat suara terbanyak. Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia itu memperoleh 18,5% suara, diikuti Ridwan Kamil 16,6%. Nama lain di bawah itu yang mendapat suara cukup signifikan adalah Sandiaga Uno 11,0%, AHY 10,0%, Gibran 9,0%, dan Khofifah 5,1%.

Lalu, beberapa nama lainnya memperoleh suara di bawah 5 persen yakni Airlangga 3,8%, Andika 3,0%, Puan Maharani 2,6%, Yenny 1,9%, Nasaruddin Umar 1,4%, dan Muhaimin Iskandar 1,3%.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...