Alasan Jokowi Pilih Budi Arie Dinilai untuk Kurangi Pengaruh Partai

Ade Rosman
17 Juli 2023, 16:49
Relawan Jokowi
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.
Presiden Joko Widodo menyapa relawan saat menghadiri acara Gerakan Nusantara Bersatu: Satu Komando Untuk Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Presiden Joko Widodo resmi melantik Budi Arie Setiadi menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika menggantikan Johnny Gerard Plate. Pengangkatan Budi dinilai politis lantaran pria yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal  itu merupakan Ketua Umum relawan Pro Jokowi alias Projo.

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago beranggapan, reshuffle yang dilakukan Jokowi hari ini berbasis pada letupan politik, bukan kinerja. Pangi mengatakan pengangkatan Budi lebih condong kepada power sharing, terlebih sisa masa kerja menteri yang hanya tinggal beberapa bulan lagi.

"Karena kita tahu Budi ini kan Projo, relawannya Pak Jokowi," kata Pangi saat dihubungi, Senin (17/7).

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional Adib Miftahul sependapat dengan Pangi ia mengatakan lewat perombakan kabinet kali ini Jokowi tengah menunjukkan politik bagi kue. Pemilihan Budi yang merupakan pentolan Projo menurut dia lantaran Jokowi sedang memainkan momentum politik untuk mengakomodir kepentingan pendukungnya. 

“Ini bagian dari bagaimana Pak jokowi sebenarnya membuat gerbong politik untuk menentukan untuk membuat bagaimana dukungan untuk pilpres 2024,” ujar Adib. 

Di sisi lain ia mengatakan penunjukan Budi di jabatan strategis tidak mengafirmasi pada dukungan calon presiden tertentu. Projo sendiri dalam perkembangannya pada awalnya mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...