Jokowi Ungkap Isi Pertemuan dengan Surya Paloh, Sempat Bahas 2024

Ameidyo Daud Nasution
20 Juli 2023, 17:26
jokowi, surya paloh, nasdem
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) dan Wakil Presiden Maruf Amin (tengah) berjalan bersama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) saat menghadiri penutupan Kongres II Partai Nasdem dan HUT ke-8 Partai Nasdem di Jakarta International Teathre, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Presiden Joko Widodo angkat bicara mengenai pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Nasdem beberapa hari lalu. Jokowi mengatakan persamuhannya dengan Surya sempat membahas 2024.

Selain itu keduanya sempat membahas urusan pemerintahan. Meski demikian, Jokowi tak menjelaskan detail apa saja poin-poin yang menjadi pembahasan.

"Ada yang berkaitan dengan 2024, tapi kan tidak bisa saya sebut satu persatu," kata Jokowi di Bengkulu, Kamis (20/7).

Pertemuan antara Jokowi dan Surya digelar usai pengumuman menteri dan wakil menteri baru pada Senin (17/7). Dalam foto yang beredar, terlihat Presiden bersama pemilik Media Group itu duduk bersebelahan di ruang makan.

Adapun, jatah Nasdem di kabinet berkurang usai Budi Arie Setiadi dilantik menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika. Budi menggantikan kader NasDem, Johnny G Plate yang tersandung dugaan korupsi proyek Base Transceiver Station (BTS) Kominfo.

Relasi Jokowi dan Surya merenggang usai Nasdem memutuskan untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden. Mantan Wali Kota Solo itu bahkan tak mengundang Surya dalam pertemuan beberapa ketua umum parpol belum lama ini.

Surya juga sempat mengungkapkan Jokowi menanyakan perihal siapa bakal calon wakil presiden atau bacawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan dalam pemilihan presiden 2024.

"Pak Jokowi juga tanya, 'siapa ini wakil presidennya ini', 'saya bilang saya belum mikirin itu, yang saya tahu Pak Anies itu'," kata Surya sambil tertawa menggambarkan percakapannya dengan Jokowi kepada wartawan di Nasdem Tower, Selasa (18/7).


Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...