JLL Indonesia: Kinerja Hotel Mewah di Jakarta dan Bali Alami Kenaikan

Nadya Zahira
25 Juli 2023, 21:00
Konsultan Properti Ungkap Kinerja Hotel Mewah di Jakarta dan Bali
Dokumentasi perseroan

Konsultan properti Jones Lang LaSalle atau JLL Indonesia mengungkapkan ada peningkatan pada pendapatan per kamar yang tersedia atau revenue per available room (RevPAR) di hotel mewah Jakarta dan Bali.

Senior Vice President dan Investment Sales Hotels & Hospitality Group JLL Asia Pacific Julien Naouri mengatakan sampai dengan Juni 2023, RevPAR hotel mewah di Jakarta meningkat hampir mencapai Rp 1,4 juta dengan angka okupansi dari tarif rata-rata harian yang mendominasi.

Advertisement

“Bertumbuhnya angka wisatawan mancanegara ke Jakarta pada paruh pertama 2023, RevPAR luxury juga melampaui angka RevPAR pra pandemi yang disumbang oleh peningkatan signifikan pada angka rata-rata harian yang meningkat 9,9% dari 2019,” ujar Julien dalam JLL Indonesia Media Briefing secara virtual, Selasa (25/7). 

Julien mengatakan pada Mei 2023, Jakarta sudah menyambut lebih dari 158.700 wisatawan mancanegara atau wisman dan untuk pertama kalinya melebihi angka pada masa pra pandemi. Sedangkan pada paruh pertama 2023 wisman yang berkunjung ke Jakarta tercatat sebanyak 642.000.

Selain itu, dia menyampaikan bahwa RevPAR di Bali juga naik. Hal ini terjadi lantaran banyaknya wisman yang kembali  berwisata di Bali, sehingga pada paruh pertama 2023 hotel mewah di Bali kembali terisi penuh. 

“Dengan begitu, menjadikan angka RevPAR naik 21,4% dari angka pra pandemi yang didukung oleh angka rata-rata harian yang tinggi,” ujarnya. 

Sementara itu, dia menyebutkan pada Januari hingga Mei 2023, lebih dari 1,87 juta wisman mengunjungi Bali mewakili 81% angka wisman yang datang saat sebelum pandemi Covid-19.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement