Jokowi Akan Kunjungi Afrika Selatan, Indonesia Gabung BRICS?

Andi M. Arief
7 Agustus 2023, 16:42
brics, jokowi, afrika selatan
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Zabur Karuru/wsj.
Presiden Joko WIdodo menutup secara resmi KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022).

Presiden Joko Widodo direncanakan untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT BRICS pada 22-24 Agustus 2023 di Afrika Selatan. Bersamaan kunjungan Presiden, beredar wacana bahwa Indonesia akan masuk ke dalam kelompok ekonomi negara berkembang tersebut

Sebagai informasi, BRICS terdiri dari Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afsel. Total perekonomian dari negara anggota BRICS mendekati 25% dari produk domestik bruto global dan lebih dari 40% populasi dunia.

"Nanti diputuskan (keputusan bergabung BRICS)," saat Jokowi ditanya awak media di Indonesia Arena, Jakarta, Senin (7/8).

Sedangkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membenarkan bahwa Jokowi akan mengunjungi Afrika Selatan dalam waktu dekat. Namun Retno tidak memastikan lebih lanjut terkait jadwal keberangkatan maupun misi yang dibawa Kepala Negara ke negara tersebut.

Retno mengatakan jadwal keberangkatan Jokowi ke Afrika Selatan baru dapat diumumkan ketika semua persiapan telah matang. Menurutnya, pemerintah saat ini masih melakukan koordinasi terkait kunjungan tersebut.

"Saya belum bisa menyampaikan rencana kunjungan karena komunikasi dan koordinasi sedang dilakukan," kata Retno di Istana Kepresidenan, Senin (7/8).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...