ASEAN BAC Akan Promosikan IKN ke Investor Luar Negeri

Nadya Zahira
9 Agustus 2023, 09:08
Pekerja melintas disamping proyek pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023). Progres pembangunan IKN menurut Kementerian PUPR sudah mencapai 29,
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Pekerja melintas disamping proyek pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023). Progres pembangunan IKN menurut Kementerian PUPR sudah mencapai 29,87 persen hingga 4 Juni 2023 dan pembangunan ini menggunakan anggaran dari total pagu tahun 2023 sebesar Rp 26,67 triliun.

Kementerian Investasi akan memanfaatkan Forum bisnis ASEAN Business Advisory Council atau ASEAN BAC untuk mempromosikan investasi Ibu Kota Nusantara atau IKN. ASEAN BAC akan digelar pada 1-8 September 2023 dengan mengusung tema "ASEAN Centrality: Innovating Toward Greater Inclusivity". 

Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM, Riyatno mengatakan ASEAN-BAC akan menjadi kesempatan emas bagi Pemerintah Indonesia untuk menarik investor luar berinvestasi di IKN.

"Dalam ASEAN BAC ini, kami juga akan mengundang Otorita IKN untuk bergabung di dalam mempromosikan atau untuk menawarkan kepada calon-calon investor di IKN nanti," ujar Riyatno saat ditemui dalam konferensi pers ASEAN BAC di Jakarta, Selasa (8/8).

Dia mengatakan, Kementerian Investasi saat ini tengah memfinalisasikan peraturan pemerintah atau PP terkait pemberian insentif kepada investor yang tertarik  berinvestasi di megaproyek IKN.

Riyatno mengatakan, investor dari berbagai negara sudah berkomitmen untuk investasi di IKN. Namun, mengenai realisasinya masih dalam tahap proses. 

"Kalau dari segi komitmen, investor dari berbagai negara sudah komitmen ke kami untuk berinvestasi di IKN. Tapi kalau mengenai realisasinya ini masih dalam proses," kata dia.

Sebelumnya, Otorita Ibu Kota Nusantara atau OIKN mengungkapkan terdapat sekitar 19 negara yang tertarik untuk berpartisipasi dalam pembangunan IKN di Kalimantan Timur, per Juni 2023.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...