Raksasa Properti Cina Tumbang, Jokowi Minta Pengembang Hati-hati

Andi M. Arief
9 Agustus 2023, 13:39
jokowi, properti, evergrande
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pool/tom.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berjalan dari Stasiun MRT ASEAN menuju Gedung Sekretariat ASEAN untuk menghadiri peringatan HUT ke-56 ASEAN di Jakarta, Selasa (8/8/2023).

Presiden Joko Widodo mengingatkan pengusaha properti untuk waspada dan merencanakan bisnis dengan baik. Ini karena tak seluruh sektor properti di dunia berada dalam kondisi yang baik.

Jokowi mencontohkan adanya perusahaan properti raksasa Cina yang tumbang. Korporasi tersebut bahkan memiliki utang setara Rp 4.400 triliun.

"Jangan tepuk tangan, hati-hati mengenai ini sehingga semua harus dikendalikan," kata Jokowi dalam Musyawarah Nasional Real Estate Indonesia di Jakarta, rabu (9/8) seperti disiarkan Kompas TV.

Meski demikian, Jokowi optimistis sektor properti Tanah Air saat ini masih dalam kondisi baik. Ini karena kebutuhan hunian saat ini sangat besar.

"Backlog masih di angka 12,1 juta," kata Jokowi.

Begitu pula pertumbuhan keluarga baru yang memerlukan hunian masih besar. Faktor terakhir yang disinggung Jokowi adalah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih positif.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...