Surya Paloh dan Presiden PKS Hadiri Sidang MPR, Ketum Demokrat Absen

Ade Rosman
16 Agustus 2023, 09:50
Ketua MPR Bambang Soesatyo melambaikan tangan saat tiba di lokasi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8).
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ketua MPR Bambang Soesatyo melambaikan tangan saat tiba di lokasi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8).

Sejumlah Ketua Umum Partai Politik turut hadir hadir pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023, pada Rabu (16/8). Agenda utama sidang adalah pembacaan pidato kenegaraan dan nota keuangan oleh Presiden Joko Widodo. 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, sidang tidak hanya dihadiri oleh partai pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo dan  Ma’ruf Amin tetapi juga partai non pemerintahan. Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri hadir di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, sekitar pukul 08.38 mengenakan kebaya putih dan bawahan merah.

Kemudian, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar tiba bersamaan sekitar pukul 08.29 WIB. Keduanya tiba dengan menggunakan mobil dinas Prabowo, Alphard putih. Prabowo menggunakan jas hitam, sedangkan Muhaimin menggunakan jas biru dongker.

Lalu, hadir pula Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan, dan Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Muhamad Mardiono. Hadir pula Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Syaikhu juga hadir langsung di Gedung Nusantara. PKS merupakan partai yang tidak tergabung dalam pemerintahan. Adapun Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono tidak hadir di lokasi. 

Pada agenda itu, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan dua pidato di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta.

Pertama, Presiden akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 yang akan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB.

Sebelum pidato yang disampaikan Presiden, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo akan membuka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023. Kemudian dilanjutkan dengan pidato pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPD RI La Nyala Mattalitti. 


Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...