PDIP Sentil Program Food Estate, Gerindra: Itu Kebijakan Jokowi

Ade Rosman
16 Agustus 2023, 13:55
Food Estate
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) meninjau lahan yang akan dijadikan "Food Estate" atau lumbung pangan baru di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020).

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menjawab kritikan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto  soal program food estate  atau dikenal juga dengan lumbung pangan. Pada Selasa (15/8) Hasto menyebut program yang berada di bawah koordinasi Kementerian Pertahanan itu termasuk kejahatan lingkungan karena berimbas pada rusaknya alam.

Menurut Muzani tudingan PDIP yang diarahkan pada Prabowo salah alamat. Ia menyebut sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo hanya sebagai perpanjangan tangan dari Presiden Joko Widodo terkait program kerja yang telah ditetapkan. 

"Di awal masa Kementerian, beliau sebagai Menteri Pertahanan ikut garis kebijakan presiden bahwa semua kementerian harus menjalankan program presiden," kata Muzani kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8).

Muzani menjelaskan sesuai dengan instruksi presiden, Jokowi menyebutkan bahwa kementerian tak mempunyai visi maupun program dan hanya menjalankan program presiden. Sehingga Muzani menyatakan program food estate sepenuhnya adalah program Jokowi. 

"Yang dilaksanakan oleh Pak Prabowo sepenuhnya program pemerintah, Jokowi-Maruf Amin," kata Muzani

Sebelumnya, Hasto mengatakan bahwa program food estate merupakan bagian dari kejahatan lingkungan. Hasti menyebut dalam praktik lumbung pangan itu terdapat hal yang bertentangan dengan pelestarian alam. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...