SBY Tak Hadiri Sidang Tahunan MPR Saat Jokowi Baca Pidato Kenegaraan

Ade Rosman
16 Agustus 2023, 11:17
Suasana Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/Spt.
Suasana Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Presiden ke-6 RI Soesilo Bambang Yudhoyono tak menghadiri Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023, pada Rabu (16/8). Agenda utama sidang tahunan adalah pembacaan pidato kenegaraan dan penyampaian nota keuangan oleh Presiden Joko Widodo. 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id di Kompleks Parlemen, Senayan, SBY bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono tak nampak dalam agenda yang dihadiri sejumlah Menteri, petinggi negara, serta para Ketua Umum Partai Politik itu.

Juru Bicara Partai Demokrta Herzaky Mahendra Putra mengatakan, SBY dan AHY tak menghadiri agenda sidang tahunan lantaran tengah berada di Pacitan, Jawa Timur. Keduanya tengah mempersiapkan pembukaan museum SBY-Ani.

“Persiapan pembukaan Museum SBY-Ani di Pacitan. Sudah sejak seminggu lalu beliau berada di sini karena mempersiapkan di sini,” kata Herzaky saat dihubungi, Rabu (16/8).

Pada agenda sidang tahunan tersebut, para petinggi negara serta Ketua Umum partai politik hadir. Beberapa ketua umum partai politik yang hadir yakni Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, kemudian Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar.

Hadir pula Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh, Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan, dan Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Muhamad Mardiono, Presiden Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Syaikhu, dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang.

Pada agenda hari ini Presiden akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 yang dimulai pukul 09.30 WIB.

Sebelum pidato yang disampaikan Presiden, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023. Kemudian dilanjutkan dengan pidato pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPD RI La Nyala Mattalitti.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...