Kejagung Jadwalkan Konfrontir Uang Rp 27 M di Kasus BTS Hari Ini

Ira Guslina Sufa
18 Agustus 2023, 07:17
Kejagung periksa maqdir Ismail
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pengacara Komisaris PT Solitech Media Sinergy Irwan Hermawan, Maqdir Ismail tiba di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (13/7).

Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung menjadwalkan pemeriksaan konfrontir terhadap sejumlah pihak hari ini, Jumat (18/8). Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan pemeriksaan dilakukan untuk pendalaman status uang Rp 27 miliar yang diserahkan oleh pengacara Irwan Hermawan, Maqdir Ismail. 

“Menurut panggilannya (pemeriksaan) jam sembilan,” kata Ketut seperti dikutip dari Antara. .

Ketut menjelaskan akan memanggil 6 orang dalam pemeriksaan konfrontir hari ini. Mereka adalah Irwan Hermawan yang merupakan tersangka korupsi proyek BTS 4G Kominfo, Anang, Andika, Dasril, Rosi dan Maqdir Ismail selaku pengacara Irwan Hermawan. 

Sebelumnya pada Kamis (13/7) Maqdir Ismail datang ke Kejagung dan menyerahkan uang Rp 27 miliar berupa pecahan 100 dolar Amerika Serikat senilai 1,8 juta. Sejak saat itu penyidik belum menetapkan status dari uang tersebut. 

Ketut menjelaskan kejaksaan belum dapat menentukan status uang apakah sebagai uang pribadi yang dipergunakan untuk mengembalikan kerugian negara. Kejagung juga belum bisa menyimpulkan apakah uang yang diberikan tidak ada kaitannya sama sekali dengan perkara korupsi proyek pembangunan BTS 4G Kominfo.

Direktur Penyidikan Jampidsus Kuntadi menyebutkan pihaknya masih melakukan pemeriksaan terkait uang tersebut. Hingga kini status uang senilai Rp 27 miliar tersebut masih bersifat titipan.

“Kami akan dalami terus sampai ada titik terang status uang ini apa,” kata Kuntadi, Rabu (9/8).

Sebelumnya, Maqdir Ismail usai pemeriksaan dan penyerahan uang 1,8 juta dolar Amerika Serikat pada Kamis (13/7), mengatakan uang tersebut untuk kepentingan kliennya, Irwan Hermawan. Pengacara senior itu menjelaskan ada orang yang tidak ia sebut namanya beritikad baik untuk membantu kliennya dalam pengembalian uang yang pernah diterimanya dalam proyek BTS 4G Kominfo.

Halaman:
Reporter: Antara, Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...