Top Stories: B35 untuk Kurangi Emisi, Moratorium Izin Smelter Nikel

Aryo Widhy Wicaksono
18 Agustus 2023, 13:38
Ilustrasi pegawai PT Pertamina
Pertamina
Ilustrasi pegawai PT Pertamina

Pertamina Patra Niaga mengumumkan hingga Agustus ini, di seluruh Indonesia terdapat 119 Terminal BBM yang berada dalam pengelolaan Pertamina telah mendistribusikan B35.

Berkaca dari implementasi B30, B35 juga diharapkan memberikan dampak signifikan terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca. Produk tersebut diproyeksikan dapat mengurangi hingga 34,9 juta ton CO2, dari perkiraan penyerapan B35 sebesar 13,15 juta KL.

Upaya Pertamina untuk terus menurunkan emisi gas dari BBM melalui B35 menjadi salah satu artikel yang memiliki minat baca tinggi atau Top Stories Katadata.co.id. Selain itu simak juga artikel lain, seperti beragam promo dan diskon pada HUT ke-78 Kemerdekaan RI, serta memahami nota keuangan.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. Ini Upaya Pertamina Patra Niaga Turunkan Emisi Gas dari BBM

Pertamina Patra Niaga bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melihat peluang mendorong penggunaan campuran bahan bakar nabati atau biofuel, salah satunya Biodiesel.

Manajemen Pertamina Patra Niaga menyatakan selama kurun waktu tujuh tahun terakhir, tingkat pencampuran Biodiesel terus ditingkatkan. Adapun baurannya ditetapkan sebesar 35% atau B35.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, implementasi Biodiesel berdampak positif. Pada tahun 2022, penyaluran 10,5 juta Kilo Liter (KL) B30 atau bauran nabati sebesar 30% berdampak positif terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca sekitar 27,8 juta ton CO2.

Selain itu, Airlangga menyebut adanya penyaluran 10.5 KL B30 juga berhasil menghemat devisa negara hingga US$ 8,34 miliar dan penyerapan tenaga kerja lebih dari 1,3 juta orang.

Simak penjelasan lengkap Pertamina Patra Niaga untuk menurunkan emisi gas dari BBM.

2. Komisi Energi DPR Dukung Moratorium Izin Pembangunan Smelter Nikel

Komisi Energi DPR mendukung rencana pemerintah menghentikan sementara atau moratorium izin pendirian pabrik pengolahan nikel. Alasannya, saat ini produksi komoditas nikel kadar tinggi sudah berlebih, seperti feronikel, nikel pig iron (NPI), dan nikel matte.

Wakil Ketua Komisi VII Bambang Haryadi mengatakan sebaiknya pemerintah mendorong pabrik pengolahan mineral yang menghasilkan produk hilir bahan baku baterai seperti prekursor dan katoda.

"Saya pikir perlu dibatasi pembangunan smelter baru, yang saat ini hasilnya produk pengelolaan awal kan," kata Bambang kepada wartawan di Gedung Nusantara II Jakarta pada Rabu (16/8).

Komisi Energi juga mendorong pemerintah agar memberikan peluang yang lebih besar kepada pelaku usaha yang ingin mendirikan smelter hidrometalurgi High Pressure Acid Leach Leaching (HPAL).

Simak penjelasan lengkap dari Komisi Energi DPR mengenai moratorium izin pembangunan smelter.

3. Mengenal Nota Keuangan 2024 dan Lima Poin Penting di Dalamnya

Presiden Joko Widodo menyampaikan Nota Keuangan 2024 pada Rabu, (16/8), sehari menjelang peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 tahun Republik Indonesia. Nota keuangan tersebut dibacakan dalam sidang paripurna DPR mengenai RAPBN Tahun Anggaran 2024 yang digelar bersamaan dengan sidang tahunan MPR.

Pembacaan nota keuangan ini menjadi tradisi yang wajib dilakukan oleh Presiden RI dalam sidang paripurna DPR, setiap tahun menjelang perayaan peringatan kemerdekaan Indonesia.

Dalam pidato kemarin, Jokowi menyampaikan sejumlah klaim kesuksesan pemerintah seperti memulihkan ekonomi paska pandemi Covid-19 dan menjaga pertumbuhan ekonomi tetap di atas 5%.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...