Ini Upaya Pertamina Patra Niaga Turunkan Emisi Gas dari BBM

Nadya Zahira
17 Agustus 2023, 11:23
Pertamina
Dok Pertamina
Pertamina

Pertamina Patra Niaga bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melihat peluang mendorong penggunaan campuran bahan bakar nabati atau biofuel, salah satunya Biodiesel. 

Manajemen Pertamina Patra Niaga menyatakan selama kurun waktu tujuh tahun terakhir, tingkat pencampuran Biodiesel terus ditingkatkan. Adapun baurannya ditetapkan sebesar 35% atau B35.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, implementasi Biodiesel berdampak positif. Pada tahun 2022, penyaluran 10,5 juta Kilo Liter (KL) B30 atau bauran nabati sebesar 30% berdampak positif terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca sekitar 27,8 juta ton CO2.

Selain itu, Airlangga menyebut adanya penyaluran 10.5 KL B30 juga berhasil menghemat devisa negara hingga US$ 8,34 miliar dan penyerapan tenaga kerja lebih dari 1,3 juta orang.

“Kami tingkatkan mandatori Biodiesel dan ini sebagai substitusi bahan bakar solar yang digunakan di mesin diesel, dan juga membawa Indonesia dengan energi yang ramah lingkungan," ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (16/8).

Di sisi lain, ia menuturkan bahwa pemerintah mendorong BUMN seperti Pertamina dan PLN untuk menggunakan produk yang lebih sustainable atau berkelanjutan, serta mendorong hal ini sebagai Key Performance Indicator pada direksi yang bergerak di bidang energi.

Berkaca dari implementasi B30, B35 diharapkan juga dapat memberikan dampak yang makin signifikan terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca, diproyeksikan bahkan mengurangi hingga 34,9 juta ton CO2 dari perkiraan penyerapan B35 sebesar 13,15 juta KL. 

Pertamina Patra Niaga menyebutkan, per Agustus 2023, ada 119 Terminal BBM yang dikelola oleh Pertamina di seluruh wilayah Indonesia sudah mendistribusikan B35 untuk dapat dikonsumsi oleh kendaraan masyarakat.

“Sesuai dengan roadmap penyaluran B35 di 2023, Pertamina Patra Niaga telah menyesuaikan penyaluran B35 diseluruh Terminal BBM yang dikelola, jadi 100% SPBU di seluruh Indonesia telah menyediakan B35,” terang Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...