BMKG Temukan 66 Titik Panas Indikasi Kebakaran Hutan di Provinsi IKN

Yuliawati
Oleh Yuliawati
19 Agustus 2023, 16:07
Petugas Manggala Agni Daops Kalimantan VI berusaha memadamkan kebakaran lahan di Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu (25/6/2023).
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/pras.
Petugas Manggala Agni Daops Kalimantan VI berusaha memadamkan kebakaran lahan di Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu (25/6/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Stasiun Balikpapan mendeteksi 66 titik panas di Kalimantan Timur. Titik panas ini tersebar di beberapa kawasan di Kalimantan Timur, termasuk di kawasan Ibu Kota Nusantara atau IKN yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Temuan 66 titik panas sepanjang Jumat (18/8) mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA. Titik panas ini tersebar di beberapa kabupaten.

"Sebanyak 66 titik panas ini tersebar di enam kabupaten yakni Paser (6), Kutai Barat (3), Kutai Timur (21), Kutai Kartanegara (27), Berau (1), dan Kabupaten Mahakam Ulu (8)," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman - Sepinggan Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Sabtu (19/8), dikutip dari Antara.

Titik panas merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan atau karhutla yang terdeteksi dari suatu lokasi dengan suhu relatif tinggi dibandingkan dengan suhu di sekitarnya.

BMKG mengajak masyarakat saling menjaga dan waspada, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan, kemudian tidak membakar lahan. Apalagi saat ini merupakan musim kemarau yang menyebabkan banyak daun dan ranting mengering, sehingga sangat rawan terjadi kebakaran hutan.

Temuan 66 titik panas tersebut telah diinformasikan kepada pihak terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Sebelumnya Rabu 16 Agustus, BMKG Balikpapan juga mendeteksi 97 titik panas di satu kota dan enam kabupaten yakni Kota Balikpapan satu titik, Kabupaten Paser 12, Kutai Barat lima titik, Kutai Timur 35, Kutai Kartanegara 34 titik, Berau sembilan titik, dan Kabupaten Mahakam Ulu ada satu titik panas.

Titik panas tersebut berhasil dipadamkan. Kemudian, kembali ditemukan 66 titik panas baru di lokasi berbeda. Rinciannya antara lain 21 titik di Kutai Timur tersebar pada tujuh kecamatan yakni Sangatta Utara (2), Bengalon (9), Busang (3), Kongbeng (1), Muara Bengkal (1), Rantau Pulung (3), dan Kecamatan Telen (2). "Semua titik panas tersebut memiliki tingkat kepercayaan menengah," kata Diyan.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...