Ridwan Kamil: Digitalisasi Ciptakan Peluang Ekonomi Baru di Jawa Barat

Luky Maulana
Oleh Luky Maulana - Tim Publikasi Katadata
29 Agustus 2023, 18:26
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pendapat saat diwawancari oleh CEO Katadata Metta Dharmasaputra di Bandung, Selasa (23/8).
Wahyu Dwi Jayanto|Katadata
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pendapat saat diwawancari oleh CEO Katadata Metta Dharmasaputra di Bandung, Selasa (23/8).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan optimismenya ihwal digitalisasi yang mampu menciptakan peluang ekonomi baru bagi masyarakat. Pelbagai upaya transformasi digital pemerintah Jawa Barat pun berhasil mendorong peningkatan kesejahteraan warga. 

Dalam wawancara khusus dengan Katadata belum lama ini, Ridwan Kamil menyatakan, semenjak pandemi Covid-19 merebak, laju digitalisasi di sektor ekonomi kian terakselerasi. Itu berdampak terhadap penciptaan lapangan kerja baru terutama bagi generasi muda. 

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, tak sedikit anak muda yang menganggap bahwa untuk menjadi mengejar kesuksesan mesti hijrah ke kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. 

Padahal, dengan tren digitalisasi saat ini, bisnis pun telah mengalami perubahan. Setiap orang dapat membuka usaha, dan memasarkan produknya ke berbagai daerah tanpa hambatan geografis. 

Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat meluncurkan program Petani Milenial. Melalui program tersebut,  para anak muda diberikan pelatihan untuk mengadopsi teknologi dalam menjalankan usaha di sektor pertanian, mulai dari aktivitas produksi sampai pemasaran. 

“Terbukti mereka bisa. Pendapatannya juga bisa setara dengan (pekerja di) kota,” kata Kang Emil. 

Ia menambahkan, akses terhadap digitalisasi menjadi kunci dalam mendorong kegiatan ekonomi masyarakat. Selain itu, pemahaman mengenai model bisnis digital juga menjadi penting. 

Tak hanya petani, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat pula memanfaatkan teknologi digital untuk menunjang usahanya. “Digitalisasi ini juga menciptakan profesi baru yang menjadi idaman sekarang. Namanya content creator,” katanya. 

Pemprov Jawa Barat juga berupaya mendorong proses digitalisasi terjadi secara inklusif. Hal ini menjadi penting agar transformasi digital dapat dinikmati oleh seluruh elemen masyarakat. 

Melalui program Desa Digital, umpamanya, Kang Emil berupaya menurunkan tingkat kemiskinan masyarakat. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...