Jokowi, Prabowo, dan Ganjar Makan Siang Bareng, Bahas Politik?

Andi M. Arief
29 Agustus 2023, 19:12
jokowi, prabowo, ganjar
Instagram/Ari Dwipayana
Presiden Joko Widodo, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo makan siang di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8). Foto: Instagram/Ari Dwipayana.

Presiden Joko Widodo sempat makan siang bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pekalongan, Jawa Tengah. Agenda makan siang dilakukan usai ketiganya menghadiri Muktamar Sufi Internasional.

Agenda makan siang tersebut diunggah Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam akun media sosialnya.  Ari mengatakan makan siang tersebut dilakukan di Rumah Makan Teras Bali di Kota Pekalongan.

"Setelah makan siang, presiden didampingi Ibu Negara serta rombongan, termasuk Pak Ganjar dan Pak Prabowo, blusukan ke Pasar Grogolan, Pekalongan," kata Ari kepada wartawan, Selasa (29/8).

Hadir pula Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Istri Ganjar yakni Siti Atiqoh dalam agenda makan siang tersebut. Prabowo dan Pratikno mengenakan kemeja putih dan peci hitam, sementara itu Ganjar mengenakan jas dan peci hitam.

Jokowi, Pratikno, Prabowo, dan Ganjar tampak duduk satu meja. Adapun, santapan yang tampak tersedia di atas meja tersebut adalah kelapa muda, jus jeruk, dan durian.

Ketiganya juga terlihat sempat blusukan bareng di sebuah pasar yang berada di Pekalongan. Meski demikian, Ari mengaku tidak ada pembahasan politik selama santap siang berlangsung. 

Sebelumnya, Jokowi menilai atraksi politik menuju Pemilihan Presiden 2024 belum selesai. Hal tersebut dilihat dari masih berlangsungnya safari politik oleh banyak partai politik.

"Jadi, kita dari jauh mengamati saja dulu, karena kelihatannya partai politik masih mencari format koalisi," kata Jokowi dalam saluran Podcast Jaman, Selasa (29/8).

Jokowi mengamati calon yang diusung oleh partai politik maupun koalisi partai politik belum jelas, khususnya calon wakil presiden. "Belum jelas kok malah dijawab," katanya.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...