Survei Terbaru: Prabowo Capres Paling Diingat, Ganjar Tinggalkan Anies

Ira Guslina Sufa
30 Agustus 2023, 16:49
survei capres
Katadata
Foto: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Survei terbaru yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bersaing ketat. Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengungguli nama bakal calon presiden (capres) lainnya pada kategori “top of mind”.

Menurut Djayadi, apabila responden diberikan pertanyaan “Bila pemilihan presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan Bapak/Ibu pilih?” maka secara spontan nama Prabowo paling banyak dipilih. Dengan metode top of mind Prabowo dipilih oleh 24,2 persen responden dan Ganjar Pranowo dipilih 22,6 persen pemilih. Sedangkan Anies Baswedan dipilih 16,4 persen responden. 

“Nama-nama lain di bawah 5 persen atau malah di bawah 1 persen,” kata Djayadi dalam rilis survei yang berlangsung Rabu (30/8). 

Menurut Djayadi nama lain yang termasuk dalam top of mind adalah adalah Ridwan Kamil dengan 0,9 persen, Erick Thohir 0,3 persen, dan Hary Tanoesoedibjo 0,3 persen. Djayadi pun menjelaskan bahwa Prabowo, Ganjar, dan Anies sama-sama mengalami peningkatan elektabilitas dibandingkan survei LSI pada April 2023. 

“Dari segi top of mind, Prabowo meningkat, Ganjar juga meningkat, Anies juga meningkat. Cuma, kenaikan Anies lebih landai dibandingkan dengan Prabowo dan Ganjar,” ujar Djayadi. 

Sebelumnya pada April 2023, Prabowo unggul dalam kategori ‘top of mind’, yakni dengan angka 18,3 persen. Disusul Ganjar 16,2 persen dan Anies 13,1 persen. Adapun survei terbaru LSI dilakukan 3–9 Agustus 2023 dengan melibatkan 1.220 responden. 

Survei dilakukan dengan multistage random sampling dengan margin of error 2,9 persen. Adapun tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...