Jokowi Telah Kantongi Nama Pj Gubernur 10 Provinsi, Termasuk Jateng

Andi M. Arief
1 September 2023, 11:52
jokowi, pj gubernur, ganjar
ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Zabur Karuru/foc.
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno (ketiga kiri), Menteri BUMN Erick Thohir (keempat kanan) dan sejumlah pejabat memberikan keterangan kepada wartawan ketika meninjau media center KTT ke-43 ASEAN 2023 di JCC, Jakarta, Jumat (1/9/2023).

Presiden Joko Widodo telah menentukan nama-nama yang akan menjabat sebagai penjabat gubernur di beberapa daerah. Namun Kepala Negara masih enggan membocorkan nama-nama tersebut.

Seperti diketahui, penentuan nama penjabat gubernur tersebut dilakukan melalui mekanisme Tim Penilai Akhir. Anggota Tim Penilai Akhir adalah Jokowi dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

"Nama Pj Gubernur nanti diumumkan, tanyakan Mendagri ya," kata Jokowi di Jakarta Convention Center, Jumat (1/9).

Adapun, 10 daerah yang akan dipimpin oleh Pj Gubernur adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Utara, Bali, Papua, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan akan memutuskan nama Penjabat Gubernur Jawa Tengah pada pekan ini. Penjabat tersebut akan menggantikan Ganjar Pranowo yang mengakhiri jabatan pada 5 September 2023 mendatang.

"Belum masuk meja saya, paling lambat minggu ini," kata Jokowi di Kota Semarang, Rabu (30/8) dikutip dari Antara.

Ganjar Pranowo jalan sehat di Klaten
Ganjar Pranowo jalan sehat di Klaten (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/rwa.)

Sebagai informasi, terdapat 272 kepala daerah yang habis masa jabatannya pada 2022 dan 2023. Untuk September mendatang, masa jabatan yang habis adalah Ganjar dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sedangkan Ganjar usai mengakhiri jabatannya September mendatang akan segera bertanding lagi dalam skala lebih besar. Ia telah diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2024.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...