Arsjad Rasjid Jelaskan Potensi ASEAN dalam Mitigasi Perubahan Iklim

Patricia Yashinta Desy Abigail
2 September 2023, 13:34
Ketua ASEAN Business Advisory Council (ABAC) 2023 Arsjad Rasjid menyampaikan sambutan saat pembukaan ASEAN Future Generation Business Forum di Jakarta, Sabtu, (2/9/2023).
ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/M Agung Rajasa/pras.
Ketua ASEAN Business Advisory Council (ABAC) 2023 Arsjad Rasjid menyampaikan sambutan saat pembukaan ASEAN Future Generation Business Forum di Jakarta, Sabtu, (2/9/2023).

Ketua ASEAN-Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid mengatakan negara-negara ASEAN memiliki potensi besar untuk memitigasi perubahan iklim dan mencapai net zero. Ia menyebut telah mengumpulkan para pelaku usaha, lembaga penelitian, akademisi, dan sektor nirlaba untuk mendorong agenda berkelanjutan di ASEAN.

"Kami juga telah berkomitmen terhadap program warisan yang signifikan di bawah kepemimpinan kami di sini, yaitu ASEAN netzero hub dan pusat keunggulan karbon ASEAN," kata Arsjad pada ASEAN Climate Forum 2023 di Ritz Carlton di Jakarta, Sabtu (2/9).

Arsjad menilai komitmen negara-negara ASEAN terhadap net zero memerlukan pemahaman yang kuat tentang jalur regional, untuk menyinkronkan upaya bersama. Dirinya memahami bahwa perusahaan di ASEAN semakin berupaya mengembangkan strategi dan solusi iklim untuk meningkatkan kinerja dan memastikan dampak jangka panjang akses pendanaan.

"Oleh karena itu mekanisme pembagian untuk mengumpulkan pemangku kepentingan yang berpikiran sama sangat penting," ujar Arsjad.

Berdasarkan laporan International Renewable Energy Agency (IRENA), Asia Tenggara memiliki potensi energi terbarukan yang sangat besar. Pada 2050, lembaga internasional itu memprediksi  dua per tiga kebutuhan energi kawasan dapat dipenuhi oleh EBT. 

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...