Sandiaga: Polusi Udara Bikin Pariwisata Jakarta di Zona Lampu Kuning

Andi M. Arief
2 September 2023, 12:03
Sandiaga
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Wisatawan mancanegara mengunjungi kawasan wisata Kota Tua, Jakarta, Rabu (23/8/2023).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno mengatakan industri pariwisata di DKI Jakarta telah memasuki lampu kuning. Menurut Sandiaga penurunan kualitas pariwisata di Ibu Kota disebabkan oleh polusi udara yang masih terlihat.

Berdasarkan AQI.in, kualitas udara di Jakarta mencapai angka 182 pukul 09.00 WIB. Adapun, kualitas udara terbaik di Ibu Kota hanya mencapai 83 dari seharusnya di bawah angka 50 agar kualitas udara sebuah daerah dapat dikatakan baik.

"Ini merupakan lampu kuning buat kami karena ke arah fase yang harus kita sikapi dengan penuh kehati-hatian," kata Sandiaga di sela forum ASEAN-BAC Indonesia Summit yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Sabtu (2/9).

Sandiaga mencatat kualitas udara di kawasan Sudirman Central Business District, Jakarta Selatan mencapai angka 157 pada pagi hari ini, Sabtu (2/9). Menurutnya, penurunan polusi di Jakarta merupakan tanggung jawab bagi pemerintah daerah di kawasan Jabodetabek.

Dia  menyampaikan penanganan polusi di Jakarta harus ditangani secara serius dan dengan rasa keadaan yang mendesak. Ia pun berpendapat kondisi udara di Jakarta dapat mempengaruhi reputasi Indonesia di mata wisatawan mancanegara.

Menurut Sandiaga jawaban dari penurunan polusi di Jakarta tidak terbatas pada pemindahan pengguna kendaraan pribadi ke transportasi umum. Ia menyebut transportasi umum di Jabodetabek pun harus menggunakan energi hijau.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...