10 Kota dengan Kualitas Udara Terburuk di RI Siang Ini, Jambi Nomor 1

Nadya Zahira
4 September 2023, 14:13
polusi udara, kualitas udara, jambi
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Foto udara kawasan Margonda depok yang tertutup kabut polusi udara di Depok, Jawa Barat, Jumat (25/8/2023).

Kualitas udara di Jambi siang ini, Senin (4/9) per pukul 13.00 WIB terburuk nomor satu di Indonesia berdasarkan berdasarkan data situs pemantau kualitas udara, IQAir. Adapun indeks kualitas udara di Jambi siang ini sebesar 184.

Angka 184 tersebut masuk dalam kategori "merah”, artinya, kualitas udara tidak sehat. Oleh sebab itu, masyarakat dihimbau oleh pemerintah untuk selalu menggunakan masker bila sedang melakukan aktifitas di luar atau jalan agar terhindar dari polusi udara.

Kualitas udara di Indonesia belakangan ini sedang mendapat sorotan. Terlebih, DKI Jakarta yang pernah berada di posisi nomor satu, kota dengan kualitas udara terburuk di dunia pada Rabu (16/8) di mana indeks kualitas udara mencapai 163.

Adapun kualitas udara di Jakarta pada siang ini, berada di peringkat ketujuh terburuk di dunia. Peringkat ini berdasarkan data situs pemantau kualitas udara, IQAir, dengan indeks kualitas udara yang mencapai 151 atau kategori "merah gelap” artinya, kualitas udara tidak sehat bagi kelompok sensitif.

IQAir juga menunjukkan konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini 3,1 kali di atas nilai panduan kualitas udara tahunan WHO. PM2.5 atau particulate matter 2.5 adalah partikel udara yang berdiameter lebih kecil dari atau sama dengan 2,5 µm (mikrometer).

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...