Survei Kurious: Ganjar Masih Dipersepsikan Paling Fokus Isu Kemiskinan

Ameidyo Daud Nasution
4 September 2023, 16:34
ganjar, survei, kurious
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/YU
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Kepala Kejaksaan Tinggi Jateng I Made Suarnawan (kanan) menyapa warga saat mengikuti Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Lapangan Pancasila, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/9/2023).

Kurious kembali merilis hasil survei terbaru soal persepsi tokoh politik. Dari hasil penjaringan opini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dipersepsikan sebagai capres yang memperjuangkan harga bahan pokok.

Ganjar juga dianggap sebagai calon pemimpin yang memperjuangkan lapangan pekerjaan, memberantas kemiskinan, hingga ekonomi yang berkelanjutan.

Dari hasil survei Kurious, sebanyak 40,4% responden menganggap Ganjar sebagai tokoh yang memperjuangkan harga bahan pokok. Angka ini meningkat dari rilis tanggal 3 Agustus 2023 lalu yakni 38,8%.

Di peringkat kedua adalah Prabowo Subianto yang dipilih 28,3% responden. Setelah itu, ada Anies Baswedan yang dipilih 23,7% responden.

Ganjar juga dianggap capres yang dipersepsikan memperjuangkan lapangan pekerjaan. Sebanyak 34,6% responden menganggap politisi PDIP ini bisa membuka lapangan kerja.

Meski demikian, angka persepsi ini turun dari 34,7% pada 3 Agustus lalu. Di posisi kedua, Prabowo Subianto yang dipilih oleh 28,4% responden.

Sebanyak 34% responden juga menyatakan Ganjar sebagai capres yang dipersepsikan memperjuangkan ekonomi berkelanjutan. Jumlah responden yang memiliki persepsi tersebut juga bertambah dari 32,7% pada 3 Agustus lalu.

Begitu pula dalam hal persepsi pemberantasan kemiskinan, Ganjar masih unggul atas calon lainnya. Ia dipilih oleh 40,6% responden, di atas Prabowo dengan keterpilihan 31,9% responden.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...