Muhaimin Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Panggil Ulang Pekan Depan

Ade Rosman
5 September 2023, 12:46
Muhaimin Iskandar
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/Ds/wsj.
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyampaikan pidato saat menghadiri acara Doa Bersama Ulama dan Habaib untuk Perdamaian Dunia di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/5/2022).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi yang semula diagendakan Selasa (5/9) pagi. Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menyatakan, KPK telah menerima konfirmasi ketidakhadiran Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu. 

Menurut Ali, Muhaimin meminta pemeriksaan dirinya diundur menjadi Kamis (7/9). Namun, Ali mengatakan penyidik pada hari yang sama memiliki agenda lain yakni mengumpulkan alat bukti di daerah.

"Oleh karena itu, tim penyidik tentu akan menjadwalkan kembali pemanggilan terhadap saksi ini nanti minggu depan," kata Ali kepada Wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Selasa (5/9).

Pada saat yang sama, Ali menegaskan pemeriksaan Muhaimin sebagai saksi tak terkontaminasi unsur politik jelang Pilpres 2024. Ia mengatakan, setiap perkara yang telah naik ke tahap penyidikan di KPK telah terdapat tersangka. Sehingga, saksi yang dipanggil untuk memperjelas perbuatan para tersangka dalam perkara yang menyangkutnya.

"Kehadiran dari Pak Muhaimin Iskandar juga sangat penting untuk memperjelas seluruh perbuatan dari para tersangka yang sudah kami tetapkan dalam kegiatan penyidikan yang dimaksud," kata Ali. 

Adapun Muhaimin sebelumnya membenarkan telah menerima surat panggilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. Meski begitu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu menyatakan tak dapat memenuhi panggilan KPK lantaran harus menghadiri agenda lain di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Saya sudah dapat surat pemanggilan dan sebetulnya saya mau datang tapi ada acara saya di Banjarmasin,” kata Muhaimin dalam acara Mata Najwa, Senin (4/9) malam.

Ia mengungkapkan, agendanya di Banjarmasin yakni membuka Tilawatil Qur'an internasional dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua DPR RI, yang telah dijadwalkan oleh Jamiatul Qurro. "Maka saya kemungkinan minta ditunda," kata Muhaimin.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...