Jokowi Minta Presiden Macron hingga PM Belanda Dukung RI Masuk OECD

Ameidyo Daud Nasution
11 September 2023, 09:33
jokowi, macron, belanda, prancis, italia, oecd
Instagram/Joko Widodo
Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron di New Delhi, India, Sabtu (9/9). Foto: Instagram/Joko Widodo

Presiden Joko Widodo telah kembali dari Konferensi Tingkat Tinggi G20 di New Delhi, India. Di sela-sela KTT, Jokowi sempat bertemu dengan beberapa pemimpin untuk meminta dukungan agar Indonesia diterima menjadi anggota Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

Pernyataan tersebut diunggah Jokowi bersamaan dengan foto bersama para pemimpin negara-negara Eropa. Presiden awalnya meminta dukungan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte agar RI bisa mendaftar jadi anggota OECD.

"Saat ini Indonesia telah melakukan sejumlah reformasi ekonomi yang sejalan dengan persyaratan OECD," kata Jokowi dalam unggahan di akun Instagramnya, Minggu (10/9).

Presiden Joko Widodo bertemu PM Belanda Mark Rutte di New Delhi, India, Sabtu (9/9). Foto: Instagram/Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo bertemu PM Belanda Mark Rutte di New Delhi, India, Sabtu (9/9). Foto: Instagram/Joko Widodo. (Instagram/Joko Widodo)

Hal yang sama juga disampaikan Jokowi saat bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron. Jokowi berharap Macron dapat mendukung usaha Indonesia untuk bergabung organisasi tersebut.

"Hal tersebut merupakan langkah Indonesia untuk menjadi negara maju," kata Jokowi.

Setelah itu, Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni. Kepada Meloni, mantan Wali Kota Solo itu juga berharap Italia memberikan dukungan untuk bergabung dengan OECD.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...