Cetak Sejarah, Timnas Indonesia U-23 Lolos Putaran FInal Piala Asia

Ira Guslina Sufa
13 September 2023, 08:19
Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi bersama rekannya Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) dan Marc Anthony Klok (kanan) usai membobol gawang Timnas Turkmenistan saat pertandingan persahabatan FIFA Matchday di Stadion Gel
ANTARA FOTO/Moch Asim/nym.
Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi bersama rekannya Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) dan Marc Anthony Klok (kanan) usai membobol gawang Timnas Turkmenistan saat pertandingan persahabatan FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/9/2023).

Tim nasional (timnas) Indonesia U-23 mencetak sejarah dengan lolos untuk kali pertama ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar pada 2024. Kesempatan itu diraih timnas setelah mengalahkan Turkmenistan dengan skor 2-0 pada laga yang berlangsung di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/4) malam. 

"Alhamdulillah, kita lolos Piala Asia U-23 untuk pertama kali sepanjang sejarah. Ini bukti kalau kita bisa," kata Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir selepas pertandingan. 

Dalam laga yang disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo itu tim Garuda Muda menunjukkan penampilan maksimal. Gol dicetak oleh Ivar Jenner pada menit ke-41 dan Pratama Arhan pada menit ke-92. Hasil pertandingan membawa skuad asuhan Shin Tae-yong melenggang mulus lantaran menjadi pemuncak klasemen Grup K dengan raihan enam poin dan selisih gol 10-0.

 Erick bersyukur Marselino dan kawan-kawan dapat memberikan hasil terbaik bagi Indonesia. Ia mengapresiasi perjuangan Garuda Muda yang tampil tenang dan tidak terpancing provokasi lawan.

 "Selamat kepada seluruh pemain, pelatih, dan ofisial, kalian layak mendapatkannya setelah berjuang begitu keras, baik dalam latihan maupun pertandingan," ucap Erick.

 Erick memuji sikap para pemain yang bermain tenang. Menurut Erick, ketenangan para pemain menjadi kunci sehingga dapat mendominasi permainan. Erick menambahkan kemenangan ini juga menjadi momentum timnas untuk meningkatkan level permainan di ajang internasional.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...