Megawati dan Petinggi Partai Pendukung Ganjar Kumpul, Bahas Soal Apa?

Ira Guslina Sufa
13 September 2023, 07:39
PDIP dukung Ganjar
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri (tengah) berbincang dengan Presiden Joko Widodo (kiri) dan Bakal Capres Ganjar Pranowo (kanan) saat berlangsungnya Rakernas PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (6/6/2023).

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarno Putri akan bertemu dengan para ketua umum partai pendukung Ganjar Pranowo di pemilihan presiden 2024. Pertemuan dijadwalkan akan berlangsung di Gedung High End, Kebon Sirih Jakarta, Rabu (13/4)  sekitar pukul 14.00 WIB. 

"Para ketua umum parpol. Insya Allah bertemu siang," ujar Ketua Dewan Pimpinan Partai Persatuan Pembangunan Achmad Baidowi saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (12/9) malam.

Baidowi mengungkapkan pertemuan antara ketum parpol tersebut akan membahas pemantapan Tim Pemenangan Nasional (TPN). Menurut dia strategi pemenangan yang disusun akan menyesuaikan dengan dinamika politik terkini. Meski begitu, ia mengatakan tidak ada rencana khusus membahas sosok bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ganjar di pilpres.

Di sisi lain Baidowi mengatakan meski tidak ada pembahasan soal cawapres, PPP tetap kukuh mendorong agar PDIP memilih Sandiaga Uno. Ketua Badan Pemenangan Pemilu PPP itu telah diajukan secara resmi untuk menjadi bakal cawapres. Namun penentuan nama tetap menunggu keputusan Megawati. 

Saat ini Ganjar diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk maju di pilpres. Meski PDIP memiliki tiket untuk mengusung pasangan capres dan cawapres tanpa harus berkoalisi, namun partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu menerima dukungan dari partai lain. 

PPP menjadi partai di luar PDIP yang pertama kali resmi mengusung Ganjar. Selain PPP juga ada Partai Perindo dan Partai Hanura. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang pernah mengatakan mendukung Ganjar di pilpres urung mendukung mantan Gubernur Jawa Tengah itu dan berdalih masih akan menjaring aspirasi dari kader PSI. 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa Kantor Pusat Tim Pemenangan Nasional atau TPN Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 beralamat di Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Kantor tersebut juga pernah digunakan sebagai kantor pemenangan Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...