Kaesang Bujuk Relawan Jokowi Gabung PSI Usai Resmi Didapuk jadi Ketum

Ade Rosman
26 September 2023, 05:55
Kaesang
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terpilih Kaesang Pangarep (tengah) melambaikan tangan ke arah kader-kader usai menyampaikan orasi politiknya dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Jakarta, Senin (25/9/2023).

Putra Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep secara resmi menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia atau PSI. Usai ditetapkan sebagai Ketum, Kaesang meminta relawan atau pendukung Jokowi yang belum terafiliasi partai politik untuk bergabung dengan PSI.

"Dengan kerendahan hati saya, saya minta bantuan kerja sama dan dukungan para relawan dan pendukung Pak Jokowi, yang belum terafiliasi dengan partai tertentu agar menjadikan PSI sebagai rumah perjuangan bersama, rumah yang ramah bagi para nasionalis muda demi Indonesia maju," kata Kaesang saat pidato pertamanya sebagai Ketum PSI, di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9).

Pada pidato tersebut, Kaesang mengungkapkan ceruk pemilih PSI yakni para nasionalis muda. Ia menyebut pemilih PSI berpotensi datang dari masyarakat yang bosan dengan istilah sejahtera yang hanya berupa kata-kata saja.

"Mereka juga ada Jokowers sejati yang percaya pembangunan lima tahun terakhir harus dilanjutkan. Bahkan harus ditingkatkan," kata Kaesag.

Putra bungsu Presiden Jokowi tersebut secara resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia atau PSI. Kepastian itu termaktub dalam Surat Keputusan Dewan Pembina PSI yang dibacakan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie.

"Menimbang dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, memutuskan, menetapkan: 1. Pengangkatan Saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia periode 2023-2028," bunyi SK Dewan Pembina PSI yang dibacakan Grace, Senin (25/9).

Adapun SK tersebut ditandatangani oleh Ketua Dewan Pembina PSI Jeffry Geovani dan Sekretaris Dewan Pembina Raja Juli Antoni. Dalam deklarasi tersebut, Giring Ganesha yang sebelumnya menjadi Ketua Umum bersama Ratu Ayu Isyana Bagus Oka diangkat menjadi Dewan Pembina DPP PSI. Lalu, Raju Juli Antoni ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal PSI.

Sebelumnya, Giring Ganesha mengungkapkan dirinya yang meminta putra bungsu Presiden Jokowi tersebut menggantikan posisi dirinya di PSI. Giring pun mengaku telah menjalin komunikasi secara intens dengan Kaesang dalam tiga bulan terakhir. Ia pun menyebut menargetkan PSI lolos ke senayan pada Pemilu 2024.

"Sejak tiga bulan terakhir saya komunikasi intens dengan Mas Kaesang dan teman-teman di daerah," katanya.

Giring mengungkapkan, setelah ini dirinya akan berfokus sebagai Dewan Pembina sembari bertarung memperebutkan kursi di Dapil Jawa Barat I untuk PSI. Adapun Kaesang Kaesang mengungkapkan, keputusannya menerima pinangan dari PSI karena kesamaan visi dan misi yang dimiliki oleh Kaesang maupun PSI.

Menurut Kaesang komunikasi dengan para petinggi PSI terjalin lancar dan cair sehingga ia terpikir untuk melanjutkan hubungan tersebut dan resmi bergabung.  Kaesang pun beranggapan, PSI merupakan partai politik yang mewadahi anak muda yang berintegritas.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...