20 Investor Lokal Berminat Investasi di IKN, Nilainya di Atas Rp 10 T

Nadya Zahira
26 September 2023, 14:51
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat mengikuti SAFE 2023
Katadata
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat mengikuti SAFE 2023

Pemerintah tengah mendorong para investor swasta ikut membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang diperkirakan membutuhkan investasi mencapai Rp 466 triliun hingga 2045.

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Bambang Susanto mengatakan, sudah ada 20 calon investor potensial yang menjajaki kerja sama dengan pemerintah untuk ikut membangun IKN. 

“Mulai pada antre investor lokal. Ada beberapa. Saya akan lapor pak Presiden Jokowi dulu, ada sekitar 20-an calon investor yang potensial,” ujar Bambang saat ditemui di sela acara Sustainability Action for The Future Economy (SAFE), Selasa (26/9).

Namun demikian, dia mengatakan para investor tersebut tidak seluruhnya membiayai pembangunan infrastruktur IKN, tapi juga untuk yang lainnya.

“Investor itu tidak hanya investasi di bidang fisik saja, tapi juga investasi di bidang-bidang lain. Misalnya bidang lain itu adalah tempat untuk tempat-tempat konservasi orang utan, kemudian membuat tempat untuk pacuan kuda,” ujarnya.

Dia mengatakan, potensi nilai yang dihasilkan dari 20 investor tersebut mencapai lebih dari Rp 10 triliun. Namun, Bambang tidak menyebutkan secara rinci terkait 20 investor tersebut dan pembangunan yang diincarnya. Dia hanya menyebut bahwa seluruh investor swasta itu berasal dari dalam negeri. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Lona Olavia

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...