Buku Biografi Jokowi Tulisan Dirut PLN Terbit di Korsel

Uji Sukma Medianti
Oleh Uji Sukma Medianti - Tim Publikasi Katadata
1 Oktober 2023, 09:04
Pendiri Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana (kiri) menyerahkan rekor MURI kepada penulis buku biografi \"Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia\" Darmawan Prasodjo (tengah) dalam acara Festival Indonesia di Gwanghwamun Plaza, Seoul, Korea Selatan pa
PLN
Pendiri Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana (kiri) menyerahkan rekor MURI kepada penulis buku biografi \"Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia\" Darmawan Prasodjo (tengah) dalam acara Festival Indonesia di Gwanghwamun Plaza, Seoul, Korea Selatan pada Jumat (29/9). Darmawan menjadi penulis buku pertama dan terlengkap tentang Presiden Republik Indonesia dalam Bahasa Korea. Turut menyaksikan penyerahan rekor tersebut Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto (kanan).

Buku biografi “Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia” karya Darmawan Prasodjo dirilis dalam versi Bahasa Korea. Peluncuran buku dilakukan dalam acara Festival Indonesia pada Jumat (29/9) di  Gwanghwamun Plaza, Seoul, Korea Selatan. Joko Widodo, telah menjadi sosok inspiratif bagi para pemimpin bangsa-bangsa di dunia.

Darmawan bahkan meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai penulis buku pertama dan terlengkap tentang Presiden Indonesia dalam Bahasa Korea.

“Saya mendorong Pak Darmawan Prasodjo untuk membuat versi Bahasa Korea, karena memang banyak orang di Korea sangat terinspirasi oleh karakter dan gaya kepiemimpinan Presiden Jokowi,” ucap Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto, dalam keterangan tertulis, Minggu (1/10).

Dalam biografi, Darmawan membeberkan narasi holistik karakter serta visi dan misi Presiden Joko Widodo dalam memetakan mimpi Indonesia dari seluruh rakyat dan membangunnya dalam sebuah kebijakan. 

Buku ini juga merangkum capaian-capaian Jokowi dalam membangun Indonesia di berbagai bidang. 

Mulai dari membangun pemerataan layanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan, pembangunan ekonomi kerakyatan hingga infrastruktur yang menghubungkan jalan-jalan utama di berbagai provinsi yang mampu membangun kesejahteraan. 

Setelah kini menjadi Direktur Utama (Dirut) PLN pun, Darmawan semakin menilik perkembangan ekonomi dari infrastruktur yang dibangun pada masa Pemerintahan Jokowi begitu membawa banyak multiplier effect.

Dia mengatakan, dulunya Sumatera, Jawa, Kalimantan, Papua mobilitasnya sulit, namun kini menjadi mudah. Hal ini juga membuat biaya logistik yang tadinya mahal menjadi murah. 

“Akses hidup layak yang susah didapat menjadi mudah didapat. Dan ketika pandemi, demand listrik turun. Tetapi di titik-titik exit tol ternyata demand listrik naik. Ini karena banyak muncul episentrum ekonomi baru, seperti pusat UMKM, kuliner, wisata, industri,” ucap Darmawan.

Tidak hanya itu, dirinya pun menceritakan bagaimana batas negara yang dulunya mati, sekarang hidup. Seperti di Aruk dan di Entikong, Kalimantan Barat. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...