Kronologi Mentan SYL Tiba di Indonesia Setelah Sempat Hilang Kontak

Tia Dwitiani Komalasari
5 Oktober 2023, 06:12
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kedua kiri) berjalan keluar setibanya dari luar negeri di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (4/10/2023).
ANTARA FOTO/Izzah Syafitri/Bal/aww.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kedua kiri) berjalan keluar setibanya dari luar negeri di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (4/10/2023).

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Silmy Karim, menyatakan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo atau SYL, telah terdeteksi masuk ke Imigrasi Indonesia pada Rabu petang (5/10). Sebelumnya, SYL sempat dikatakan hilang kontak saat ke luar negeri dan rumahnya digeledah Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

"Sudah masuk Imigrasi Indonesia pukul 18.41," kata Silmy Karim dikutip dari Antara, Rabu (5/10).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto, mengatakan tidak ada perlakuan khusus terhadap Menteri SYL saat tiba di Indonesia.

"Tidak ada perlakuan khusus dari petugas, semua menjalankan standar pemeriksaan sesuai dengan ketentuan sebagaimana mestinya”, kata Tito dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (4/9) malam.

Dia menjelaskan bahwa imigrasi Soekarno-Hatta melakukan pemeriksaan keimigrasian terhadap SYL. Menurut dia, pemeriksaan keimigrasian dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

Gunakan Singapore Airlines

Syahrul Yasin Limpo tiba di Jakarta pada Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 18:00 WIB dengan menggunakan pesawat Singapore Airlines (SQ 964).

“Kami telah menerima informasi kedatangan Syahrul Yasin Limpo dan memberikan instruksi kepada petugas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi untuk melakukan proses pemeriksaan keimigrasian sesuai standar yang berlaku,” ujarnya Tito.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...