KPK Geledah Rumah Syahrul Limpo di Makassar Usut Korupsi di Kementan

Ade Rosman
4 Oktober 2023, 18:28
KPK Geledah Rumah Mentan Syahrul Yasin Limpo
Katadata
KPK Geledah Rumah Mentan Syahrul Yasin Limpo

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menggeledah sejumlah tempat yang berlokasi di Jakarta dan Makassar terkait dugaan Korupsi di Kementerian Pertanian. Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan penggeledahan dilakukan di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan merupakan rumah dari salah satu staf Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Ali mengungkapkan kegiatan penggeledahan tersebut telah dilakukan pada Selasa (3/10) malam. "Dari penggeledahan ini, tim menemukan dokumen yang terkait dengan perkara yang berikutnya akan disita sebagai barang bukti dalam berkas perkara," kata Ali dalam keterangan video, dikutip Rabu (4/10).

Untuk penggeledahan di Makassar, Sulawesi Selatan  menurut Ali berlokasi di rumah Mentan Syahrul Yasin Limpo. Ali mengatakan penggeledahan masih berlangsung sehingga ia belum dapat mengungkapkan hasilnya.

"Informasi yang kami peroleh, kegiatan masih berlangsung sehingga ketika nanti proses seluruh penggeledahan ini selesai pasti kami akan sampaikan hasil dari kegiatan dimaksud," kata Ali.

Berdasarkan laporan dari Antara, rumah pribadi Mentan Syahrul Yasin Limpo yang terletak di kompleks Bumi Permata Hijau (BPH) Blok C No. 1, Jalan Sultan Alauddin, Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan, dijaga aparat pada Rabu (4/10).  Menurut keterangan warga setempat, beberapa polisi bersenjata lengkap sejak pagi berjaga-jaga di depan halaman dan pos depan rumah yang bersangkutan. 

"Iya dari tadi pagi ada polisi di rumah itu. Saya tidak tahu aktivitas polisi di sana. Barusan ada polisi di situ (pos)," kata salah seorang perempuan paruh baya kepada Antara. 

Warga lokal tersebut pun membenarkan bahwa rumah itu merupakan kediaman pribadi Mentan Syahrul Yasin Limpo. Namun, ia tak membeberkan kegiatan aparat di sekitar rumah itu.

Dari pantauan Antara di lapangan, ada dua polisi berjaga di depan pos dan seorang lainnya berbaju kemeja hitam lengan panjang memakai topi. Sekitar pukul 15.27 WITA, pria tersebut keluar dari pintu rumah dengan membawa satu koper berwarna coklat, kemudian memasukkannya ke dalam bagasi mobil hitam. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...