APBN Terbatas, Jokowi Minta Menhan Prabowo Bijak Belanja Alutsista TNI

Muhamad Fajar Riyandanu
5 Oktober 2023, 10:27
jokowi, prabowo, alutsista
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wpa/tom.
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan), dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) menghadiri upacara HUT ke-78 TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian Pertahanan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk lebih bijak dalam mengelola anggaran peremajaan dan modernisasi alat utama sistem pertahanan alias Alutsista untuk Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Menurut Jokowi, penghematan belanja alutsista TNI mendesak seiring langkah pemerintah untuk menekan potensi dampak krisis pangan global akibat perubahan iklim.

"Modernisasi alutsista sangat diperlukan. Tapi keuangan negara, anggaran negara APBN kita sangat terbatas," kata Jokowi saat memberikan amanat dalam Peringatan ke-78 Hari TNI di Monas Jakarta pada Kamis (5/10).

Jokowi mengatakan, saat ini ada 22 negara yang sudah menghentikan ekspor pangan. Dia meminta kepada seluruh prajurit untuk lebih peka dan memiliki kesadaran terkait urusan pangan sebagai penentu stabilitas bangsa.

"Untuk kebutuhan kesejahteraan rakyat sangatlah besar. Sehingga belanja alutsista harus dilakukan dengan bijak, baik caranya maupun peruntukannya," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...