SBY Ungkap Gibran Akan Menemuinya, Kemungkinan Soal Cawapres Prabowo

Safrezi Fitra
22 Oktober 2023, 09:05
cawapres prabowo, Gibran cari dukungan jadi cawapres prabowo, gibran melobi sby, gibran menemui pimpinan partai koalisi indonesia maju, gibran cari dukungan partai pendukung prabowo
ANTARA FOTO/Walda Marison/Ak/YU
Wali kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kanan) di dampingi inisiator Rahmat Ramadhani (kiri) menyapa simpatisan saat acara Gerakan Indonesia Memanggil Gibran di Tugu Proklamasi, Jakarta, Sabtu (21/10/2023) malam. Acara yang diikuti ratusan warga dari berbagai kalangan usia dan profesi itu mendeklarasikan dukungan terhadap Gibran Rakabuming Raka menjadi Bacawapres pada Pilpres 2024.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku mendapat mendapat informasi bahwa putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, ingin menemui dirinya dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

SBY menduga keinginan Gibran untuk menemuinya untuk membahas peluang pencalonan Walikota Solo tersebut menjadi calon wakil presiden dari bakal capres Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto. "Tiga hari ini saya ada di Jateng. Saya dapat info, Mas Gibran ingin temui saya dan AHY. Mungkin terkait pencalonan Mas Gibran sebagai cawapres," tulis SBY dalam akun resmi Twitter-nya (sekarang X), Sabtu (21/10).

Menurut SBY, sejauh ini hubungannya dengan Gibran cukup baik. Meski begitu, Presiden ke-6 RI ini tidak bisa menjamin Gibran bisa menjadi cawapres. SBY menegaskan keputusan cawapres berada di tangan Prabowo.

Partai Demokrat sudah masuk dalam lingkaran pendukung Prabowo sebagai capres Koalisi Indonesia Maju. Gibran perlu mendapat dukungan dari partai ini jika ingin menjadi cawapres Prabowo.

Sebelumnya, Partai Golkar telah mengumumkan secara resmi dukungan mereka kepada Gibran untuk menjadi cawapres Prabowo melalui rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang diselenggarakan pada Sabtu (21/10).

"Berdasarkan hasil pertemuan dengan ketua DPD tadi malam, semuanya konsensus mengusulkan dan mendukung Mas Gibran untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bakal capres RI," kata Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, usai rapimnas tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...