Prabowo - Gibran Daftar ke KPU Hari Ini, Polisi Rekayasa Lalu Lintas

Ira Guslina Sufa
25 Oktober 2023, 07:00
Prabowo
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bacapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto (kempat kanan) bersama Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (tengah), Ketua Umum Partai Prima Agus Jabo Priyono (ketiga kanan), Ketua Umum Partai Glora Anis Matta (kedua kanan), Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra (kempat kiri), Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana (ketiga kiri), Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (kedua kiri), Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus (kiri), Sekjen PAN Edd

Koalisi Indonesia Maju hari ini akan mendaftarkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan calon wakil presiden ke Komisi Pemilihan Umum. Pendaftaran rencananya akan dilakukan pada pukul 10.00 WIB. 

Meski begitu, sebelum mendaftar ke KPU, Gibran yang merupakan Wali Kota Surakarta akan bertemu dulu dengan Prabowo di rumah Menteri Pertahanan itu di kawasan Kertanegara Jakarta Selatan. Dari Kertanegara mereka akan berangkat bersama ke Stadion Arena Indonesia di kawasan Gelora Bung Karno untuk menyapa relawan dan pendukung. 

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Prabowo dan Gibran akan didampingi oleh seluruh ketua umum Koalisi Indonesia Maju. Koalisi terdiri dari Gerindra, Golkar, Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Gelora, Garuda dan Prima. Setelah itu akan dilakukan deklarasi bersama oleh kedua calon. 

“Akan ada deklarasi,” ujar Airlangga. Sejak diumumkan menjadi pasangan pada Minggu (22/10) Prabowo dan Gibran belum pernah tampil bersama di hadapan publik. 

Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas selama pendaftaran Prabowo - Gibran di KPU. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menjelaskan rekayasa lalu lintas ini akan digelar di sekitar Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

"Rekayasa lalu lintas pada kegiatan pendaftaran Capres Prabowo dan Cawapres Gibran, hari Rabu 25 Oktober 2023, dapat berjalan aman," kata Latif. 

Latif mengatakan, rekayasa lalu lintas akan dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga acara selesai. Polisi juga menyiapkan 100 personel Ditlantas untuk berjaga selama rekayasa diterapkan.

 Berikut rute pengalihan arus lalu lintas yang diterapkan Polda Metro Jaya, di sekitar Kantor KPU RI:

  1.  Kendaraan yang datang dari arah bundaran HI yang akan menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H Agus Salim maupun Jalan Pamekasan
  2. Kendaraan yang datang dari arah Jalan H Agus Salim yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI
  3. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Rasuna Said yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan HOS Cokroaminoto atau belok ke kanan ke Jalan Diponegoro
  4. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Diponegoro yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said maupun ke kanan Jalan HOS Cokroaminoto.

Reporter: Ade Rosman, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...