Ini Proses Amran Sulaiman Dipilih Jokowi jadi Menteri Pertanian Lagi

Andi M. Arief
25 Oktober 2023, 13:45
amran sulaiman, amran, menteri pertanian
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo resmi melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian. Amran akan menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri.\Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10). Prosesi diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pengambilan sumpah.\"Bahwa saya, dalam menjalankan tigas dan jabatan akan menjunjugn tinggi etika jabatan," kata Jokowi ditirukan Amran.\Pejabat lain yang dilantik adalah Letjen (TNI) Agus Subiyanto yang menj

Presiden Joko Widodo melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian di Istana Negara pada Rabu (25/10). Amran bercerita sempat bertemu tiga kali dengan Presiden Joko Widods sebelum mendapatkan tawaran untuk kembali masuk dalam kabinet. 

Ia mengatakan, dipanggil  ke Istana Kepresidenan Jakarta pada awal pekan ini, Senin (23/10). Ia jugamelakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi di Jakarta.

"Kebetulan saya di Jakarta, saya diminta datang ke Istana Kepresidenan. Tapi, kami tahu ditawarkan menjadi Menteri Pertanian kemarin sore, sekitar pukul 17.00 WIB," kata Amran di Gedung A Kementerian Pertanian, Rabu (25/10).

Amran sempat menyambangi Istana Kepresidenan pada 15 September 2023. Ia menjelaskan, kedatangannya mayoritas membahas pengelolaan sumber daya alam di bagian timur Indonesia, khususnya hilirisasi nikel. Namun demikian, menurut dia, Kepala Negara sempat sedikit membahas masalah pertanian dalam diskusi tersebut. "Tapi, yang banyak bahas ekonomi secara makro," ujarnya.

Jokowi melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian di Istana Merdeka pada Rabu (25/10). Amran menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri usai terjerat kasus dugaan korupsi.  

Amran adalah pengusaha dan sempat menjabat sebagai Menteri Pertanian periode pertama pemerintahan Jokowi. Ia adalah pemilik Tiran Group, konglomerat yang kini menjalankan pertambangan nikel di Indonesia Timur.

Amran yang menjadi relawan  pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Pilpres 2014 dipilih sebagai Menteri Pertanian periode 2014-2019. Saat mengakhiri jabatannya, ia sempat berpesan kepada Syahrul Yasin Limpo yang saat itu menggantikannya, untuk membenahi produksi empat komoditas strategis. Komoditas pangan tersebut di antaranya adalah gula, kedelai, bawang putih serta daging sapi.

Ia menyebut, masalah impor beras telah ditangani pada masa kepemimpinannya. Oleh sebab itu, Indonesia saat ini mampu memproduksi beras tanpa impor.  

Amran kini kembali dipilih Jokowi untuk menjadi Menteri Pertanian di sisa periode kedua Kabinet Indonesia Maju. Harga beras yang tinggi kini menjadi salah satu pekerjaan yang menunggu Amran.



Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...