Puan Sebut Gibran Masih Kader PDIP meski Resmi jadi Cawapres Prabowo

Ade Rosman
25 Oktober 2023, 18:50
Gibran
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ketua DPP PDIP Puan Maharani memberi keterangan pers usai bertemu Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep beserta pengurus Partai PSI di Jakarta, Kamis (5/10).

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani menjelaskan status Gibran Rakabuming Raka di partai usai resmi menjadi calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto. Puan mengatakan hingga saat ini Wali Kota Surakarta itu masih berstatus sebagai kader PDIP. 

Menurut Puan sebelum menerima pinangan Prabowo, Gibran sebenarnya telah bertemu dengan dirinya. Dalam pertemuan itu Gibran menyampaikan rencana untuk maju sebagai cawapres. Meski begitu Gibran tetap berstatus sebagai kader PDIP. 

“Sudah ketemu ngobrol-ngobrol banyak hal yang kami bicarakan dan ya sudah ga masalah Mas Gibran pamit dan ingin menjadi cawapres dari Mas Prabowo,” ujar Puan Rabu (25/10).

Puan menegaskan bahwa Gibran pamit untuk menjadi cawapres dan tidak pamit untuk mundur dari kader PDIP.  Dia menyebut hingga kini Gibran belum mengembalikan kartu tanda anggota. “Hanya pamit untuk menjadi cawapres Pak Prabowo,” ujar Puan. 

Lebih jauh Puan mengatakan persoalan maju menjadi cawapres merupakan otoritas Gibran. Ia menyebut, putra Presiden Joko Widodo itu punya hak untuk bisa maju ikut dalam kontestasi karena telah memenuhi syarat.

Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi yang terbaru setiap warga negara yang telah berusia 40 tahun atau pernah menjadi kepala daerah bisa maju sebagai capres dan cawapres. Adapun Gibran baru berusia 36 tahun pada saat pendaftaran cawapres. 

“Kalau memang ada kesempatan mempunyai hak untuk maju kontestasi dan didukung oleh satu partai politik atau gabungan parpol ya memang sudah bisa maju,” ujar Puan.  

PDIP Optimistis

Di sisi lain Puan menjelaskan PDIP tidak khawatir dengan majunya Gibran sebagai cawapres dari kubu Koalisi Indonesia Maju yang mendukung Prabowo. Saat ini PDIP telah mencalonkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai capres dan cawapres di pileg. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...