Presiden Resmikan Bandara Mentawai

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
26 Oktober 2023, 09:14
Presiden Jokowi Resmikan Bandara Mentawai
Kemenhub

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Rabu (25/10), meresmikan Bandara Mentawai, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Dengan adanya peningkatan layanan bandara di salah satu pulau terluar ini, baik potensi wisata maupun potensi ekonomi Kepulauan Mentawai yang terkenal dengan ombak yang diburu para penggemar olahraga selancar ini, akan semakin berkembang. 

“Saya harap dengan beroperasinya bandara ini mobilitas masyarakat akan semakin mudah. Kita harapkan dengan bisa didarati pesawat ATR, turis akan semakin banyak datang ke Pulau Mentawai, utamanya yang sering surfing,” ujar Presiden dalam keterangan tertulis, Kamis (26/10).

Presiden Jokowi menjelaskan, Bandara Mentawai yang baru ini menggantikan bandara sebelumnya yaitu Bandara Rokot Sipora yang sudah tidak memungkinkan dikembangkan lagi, karena dibatasi laut lepas.

Bandara ini memiliki runway yang lebih panjang yaitu 1.500 x 30 meter sehingga bisa didarati pesawat yang lebih besar yaitu jenis ATR-72 berkapasitas 78 penumpang dan juga pesawat private jet. Sementara bandara yang lama memiliki runway 850 x 23 meter yang hanya bisa didarati pesawat kecil jenis Cessna Grand Caravan berkapasitas 12 orang.

“Kita harapkan pesawat dari luar negeri yang berkaitan dengan surfing bisa langsung mendarat baik di Padang maupun langsung di pulau Mentawai," ujar Presiden.

Lebih lanjut Presiden mengungkapkan, dengan semakin terbukanya akses suatu daerah dan konektivitas yang semakin baik, maka masyarakat akan mendapatkan manfaatnya.

“Masyarakat akan mendapatkan multiplier effect, yaitu kesempatan mengembangkan usaha baru yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan kita semua,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...