Alasan Jokowi Lantik Lagi Amran Jadi Menteri Pertanian

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Oktober 2023, 09:58
Amran Sulaiman, jokowi, mentan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan ucapan selamat kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kiri) usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Presiden Jokowi atau Joko Widodo melantik kembali Amran Sulaiman sebagai menteri pertanian atau mentan, menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang kini menjadi tersangka dugaan korupsi lelang jabatan. Apa alasannya?

Amran Sulaiman akan menjadi mentan untuk sisa masa jabatan Kabinet Indonesia Maju Jilid II periode 2019 - 2024. Amran merupakan mentan pada Kabinet Indonesia Maju Jilid I periode 2014 - 2019.

Jokowi menilai, Amran yang pernah menjadi mentan selama lima tahun bisa mempermudah kerja-kerja kabinet di pos Kementerian Pertanian yang hanya tersisa kurang lebih setahun. Ia optimistis Amran bisa cepat beradaptasi terhadap pola birokrasi di Kementerian Pertanian.

"Biar bisa langsung kerja, karena beliau pernah menjadi menteri pertanian. Jadi tidak perlu diajarkan. Tidak susah mengetahui dirjennya siapa. Begitu dilantik saat itu langsung kerja," kata Jokowi usai meninjau Gudang Bulog Baru Rawang Timur, dikutip dari saluran Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (26/10).

Jokowi mengatakan, dirinya memberikan tugas khusus kepada Amran Sulaiman untuk meningkatkan produksi padi dan beras domestik yang saat ini terganggu fenomena Super El Nino.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...