Jokowi Tinjau Perbaikan Jalan Rusak Viral di Lampung: Sekarang Mulus

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Oktober 2023, 20:25
jokowi, lampung, jalan
ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat memberi keterangan terkait progres perbaikan jalan dan Bendungan Margatiga. Lampung Tengah, Jumat (27/1).

Presiden Joko Widodo meninjau proyek renovasi Jalan Rumbia, Lampung Tengah pada Jumat (27/10). Jalan Rumbia pernah viral di media sosial karena kondisi jalannya yang penuh lumbang. Kunjungan ini merupakan yang kedua kali setelah lawatan pertama pada 5 Maret 2023.

Jokowi memastikan bahwa kondisi jalan Rumbia saat ini lebih baik di keadaan beberapa waktu lalu. Menutunya, proyek perbaikan jalan itu menunjukan hasil positif meski baru menyentuh 60% dari keseluruhan pengerjaan.

Sembari berkelakar, ia mengaku sempat tertidur saat mobilnya melintasi proyek perbaikan jalan tersebut. "Mulus benar kalau sekarang ini. Kita lihat jalan di Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah ini baru selesai kira-kira 60%-an," kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers yang disiarkan oleh Youtube Sekretariat Presiden.

Ia menjelaskan, proyek perbaikan jalan di Kabupaten Lampung Tengah menggunakan pengerasan beton atau rigid pavement setebal 30 cm. Komposisi ini diklaim mampu memberi ketahanan jalan hingga puluhan tahun. "Awet sekali. Kita harapkan dengan pembangunan seperti ini, rakyat tidak lagi mengeluh lagi soal jalan rusak," ujar Jokowi.

Pemerintah telah mengucurkan dana Rp 800 miliar untuk memperbaiki 17 ruas jalan di Provinsi Lampung. Jokowi menjelaskan, perawatan ruas jalan dikerjakan oleh tiga pihak, yakni pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...