Bangun 8 Lapangan Bola Timnas di IKN, Jokowi Target Rampung Mei 2024

Muhamad Fajar Riyandanu
2 November 2023, 14:16
Jokowi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan delapan lapangan sepak bola di dalam proyek National Training Center di Ibu Kota Nusantara (IKN) rampung paling lambat Mei 2024. Fasilitas pusat pelatihan yang dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektare itu nantinya menjadi lokasi latihan Tim Nasional Indonesia yang akan dikelola Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Saya harapkan bulan April, maksimal pada Mei, delapan lapangan bola untuk pusat pelatihan PSSI juga sudah akan selesai," kata Jokowi saat memberikan sambutan acara groundbreaking gedung BI, dikutip dari siaran Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (2/11).

Jokowi mengatakan keberadaan pusat pelatihan di IKN memiliki keunggulan karena lokasi yang jauh dari keramaian. Selain itu, PSSI selama ini belum memiliki pusat latihan yang terintegrasi dan terpusat. 

Jokowi berharap kehadiran pusat latihan timnas ini bisa juga digunakan untuk futsal hingga sepak bola pantai. Jokowi mengatakan PSSI telah mengunci komitmen dukungan pendanaan FIFA Forward senilai Rp 85,6 miliar. 

Selain itu, pemerintah memberikan pendanaan senilai Rp 95 miliar untuk mengerjakan proyek ini. "Pak Erick (Ketua PSSI) sudah dapat transfer dari FIFA," ujar Jokowi.

Adapun proyek National Training Center di Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai berjalan sejak groundbreaking pada 22 September lalu. Seremoni saat itu dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...