Jokowi Resmikan Dimulainya Pembangunan Kantor Bank Indonesia di IKN

Muhamad Fajar Riyandanu
2 November 2023, 13:36
Jokowi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) melihat maket ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melangsungkan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Komplek Perkantoran Bank Indonesia (BI) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis (2/11). Pembangunan Kantor Bank Indonesia di IKN menandakan komitmen pemerintah atas kelangsungan proyek infrastruktur IKN. 

Jokowi berharap, keberadaan otoritas moneter perbankan itu dapat meningkatkan kepercayaan investor dan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengadaan fasilitas di IKN. "Kalau Bank Indonesia sudah mulai membangun mau apa kita? Karena yang pegang uang semuanya ada di bank sentral," kata Jokowi saat memberikan sambutan acara groundbreaking gedung BI, dikutip dari siaran Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan sebanyak 80% pembangunan infrastruktur di IKN bakal diserahkan kepada pelaku dunia usaha atau private sector. Pembangunan lewat dunia usaha menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Sementara porsi 20% pembangunan fasilitas publik di IKN bakal dikerjakan oleh pemerintah lewat pendanaan APBN.

Kementerian Keuangan pada tahun ini memberi jatah pagu anggaran untuk pembangunan IKN tahun ini senilai Rp 29,4 triliun. Sementara realisasi anggaran yang telah disalurkan mencapai Rp6,4 triliun pada Agustus 2023.

Adapun perkiraan anggaran untuk membangun IKN hingga tuntas dapat mencapai Rp 486 triliun. "Groundbreaking komplek perkantoran BI ini membuktikan kesungguhan dan komitmen kita untuk membangun IKN menjadi ibu kota yang berkelas dunia," ujar Jokowi.

Sehari sebelumnya, Jokowi juga telah melaksanakan beberapa groundbreaking proyek bangunan di IKN. Antara lain Rumah Sakit Hermina dan Mayapada, Bandar Udara IKN Nusantara, Nusantara Intercultural School hingga kompleks superblok mall, hotel dan apartemen milik Pakuwon Group.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...