Achsanul Qosasi Jadi Tersangka Korupsi BTS, Diduga Terima Rp 40 Miliar

Ade Rosman
3 November 2023, 12:29
Kejagung tetapkan tersangka baru korupsi BTS
KATADATA/Arief Kamaludin
Anggota Badan Pemeriksa Keuangan, Achsanul Qosasi, di Jakarta, Kamis, (04/12).

Kejaksaan Agung menetapkan anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Achsanul Qosasi sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi proyek BTS 4G BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika. Direktur Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung Kuntadi mengatakan, Achsanul diduga menerima uang yang diduga terkait dengan jabatannya.

Kuntadi menuturkan, peristiwa itu terjadi pada 19 Juli 2022 sekitar pukul 18.50 WIB bertempat di hotel Grand Hyatt, Jakarta. Achsanul diduga menerima sejumlah uang sebesar kurang lebih Rp 40 miliar dari Irwan Hermawan melalui Windi Purnama dan Sadikin Rusli.

"Setelah dilakukan pemeriksaan secara intensif dan dikaitkan dengan alat bukti yg telah kami temukan sebelumya, disepakati kesimpulan telah ada cukup alat bukti untuk menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka," kata Kuntadi dalam konferensi pers di Gedung Bundar Jampidsus Kejagung, Jakarta Selatan, Jumat (3/11).

Kuntadi mengatakan, Kejagung masih melakukan pendalaman terkait aliran dana Rp 40 miliar tersebut, sehingga belum dapat memberikan keterangan lebih dalam. Penyidik menurut Kuntadi mencari tahu apakah uang yang diterima mempengaruhi proses penyidikan. 

“Atau dalam rangka untuk mempengaruhi proses audit BPK. Tapi yang jelas peristiwa tersebut terjadi pada saat awal-awal kami melakukan penyidikan, artinya masih harus kami dalami," kata Kuntadi.

Nama Achsanul Disebut di Persidangan

Sebelumnya, nama Achsanul muncul di persidangan perkara tersebut. Salah satu terdakwa, Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia, Galumbang Menak Simanjuntak dalam kesaksiannya saat sidang di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat, pada Senin (23/10) lalu. Ia menyebut adanya percakapan dengan seseorang berinisial AQ dengan latar belakang BPK.

"Saudara tahu yang dimaksud AQ itu siapa? Menghadap AQ?" tanya Jaksa.

"Ya, Pak Achsanul," jawab Galumbang.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...