Bila Jadi Presiden, Prabowo Janji Wujudkan Swasembada Pangan

Muhamad Fajar Riyandanu
7 November 2023, 15:31
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) menjawab pertanyaan wartawan saat tiba untuk mengikuti Rapimnas Partai Gerindra di The Darmawangsa, Jakarta, Senin (23/10/2023).
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) menjawab pertanyaan wartawan saat tiba untuk mengikuti Rapimnas Partai Gerindra di The Darmawangsa, Jakarta, Senin (23/10/2023).

Calon Presiden (Capres) dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto berjanji mewujudkan kondisi swasembada pangan dalam jangka waktu tiga tahun apabila terpilih sebagai Presiden RI periode 2024-2029.

Prabowo menilai kemandirian pangan merupakan sebuah capaian yang mutlak diraih untuk menjamin keberlanjutan produksi, ketersediaan dan pemenuhan pangan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia.

"Manakala saya diberi mandat, Prabowo Gibran dan tim saya semuanya diberi mandat, dalam tiga tahun kita swasembada pangan," kata Prabowo saat memberikan pembekalan Rakernas LDII yang disiarkan oleh Youtube LDII TV pada Selasa (7/11).

Wacana mengenai swasembada pangan merupakan salah satu visi-misi capres cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. Visi dan misi yang tertuang dalam konsep 'Bersama Indonesia Maju' itu menjanjikan swasembada pangan dapat dicapai melalui upaya mencetak dan meningkatkan produktivitas lahan pertanian dengan lumbung pangan desa, daerah, dan nasional.

Guna mencapai swasembada pangan, ujar Prabowo-Gibran, dibutuhkan peningkatan produktivitas lahan pertanian melalui berbagai program intensifikasi dan ekstensifikasi lahan di tingkat desa, kecamatan, kabupaten/ kota, dan nasional secara terintegrasi, dan berkelanjutan.

Skenario kemandirian pangan di naskah visi misi 'Bersama Indonesia Maju' itu menyasar pada komoditas padi, jagung, kedelai, singkong, tebu, sagu, dan sukun. Ditargetkan minimal tambahan 4 juta hektare luas panen tanaman pangan tercapai pada tahun 2029. "Swasembada pangan itu mutlak, dan akan kita capai swasembada pangan itu," ujar Prabowo.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...