Jalani Uji Kelayakan, Agus Subiyanto Janji Jaga Profesionalisme TNI

Ade Rosman
13 November 2023, 11:22
Agus Subiyanto
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/YU
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto (tengah) memberikan keterangan pers usai mengikuti apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu dan Deklarasi Pemilu Damai di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Jenderal TNI Agus Subiyanto menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat, Senin (13/11). Agus merupakan calon tunggal Panglima TNI  pengganti Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

Agus tiba di Kompleks Parlemen, Senayan, didampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Pada rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi I tersebut, ia menyampaikan visi misinya sebagai calon panglima.

"Saya memiliki visi TNI yang prima, yaitu TNI yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif," kata Agus.

Agus mengatakan akan membangun institusi TNI yang memiliki daya tahan dan daya tempur guna menghadapi serta mengatasi segala bentuk ancaman, gangguan, dan tantangan yang akan membahayakan integritas bangsa dan negara. Adapun, misi sebagai penopangnya dibagi dalam lima poin.

Pada poin pertama ia menyebut tentang komitmen memelihara dan memantapkan profesionalisme TNI sebagai alat pertahanan negara. Pada poin kedua ia ingin meningkatkan kemampuan yang responsif dalam menghadapi perkembangan lingkungan strategis.

Pada poin ketiga ia ingin memantapkan kemampuan TNI yang integratif serta bersinergi dengan kepolisian, Kementerian/Lembaga dan komponen bangsa lainnya. Selanjutnya pada poin keempat, mewujudkan percepatan modernisasi alutsista sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...